Senin, 30 Januari 2017

Cegah tahanan kabur, Kapolres kontrol tahanan dan bangunan



Kapolres Probolinggo Kota AKBP HANDO WIBOWO, SIK., M.Si tadi padi, Senin (30/01/2017) sekitar jam 08.30 wib seusai apel pagi mengecek ruang tahanan dan bangunan Mapolres Probolinggo Kota didampingi oleh PJU.

Kapolres melaksanakan kontrol kebersihan ruangan, kesehatan tahanan dan kelayakan kondisi ruang tahanan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Kepada petugas jaga Kapolres menekankan untuk memeriksa barang bawaan penjenguk dan wajib menunjukan identitas diri kemudian di tulis dalam buku mutasi.


Pada kesempatan tersebut Kapolres memberikan himbauan dan arahan kepada para penghuni ruang tahanan agar selalu menjaga kebersihan diri maupun ruangan, tidak dibenarkan merokok di dalam ruang tahanan, dan Kapolres juga memberikan bekal kepada para tahanan agar waktu yang dihabiskan pada masa tahanan digunakan untuk merenungi kesalahan dan menentukan hidup selanjutnya, agar tidak melakukan pelanggaran hukum setelah maupun pada masa tahanan dijalani.

Jumlah tahanan yang menghuni ruang tahanan di Polres Probolinggo Kota sebanyak 22 orang, dari latar belakang pelanggaran hukum berbeda – beda, selain menunggu berkas pemeriksaan lengkap dan dipindahkan ke Lapas, tahanan juga menjalani kegiatan yang diberikan oleh Polres Probolinggo Kota seperti olahraga senam, dan siraman rohani hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan tahanan, dan memperkecil tingkat stres penghuni tahanan. (c)