Rabu, 22 Februari 2017

Mediasi Isu Santet Berakhir Kekeluargaan



Selasa 21 Pebruari 2017 pukul 13.00 WIB Kapolsek beserta Kanit Reskrim dan Kanit Binmas melaksanakan kegiatan Problem Solving mengenai isu santet warga Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Pelapor SRI (70) yang merupakan warga Dusun Krajan, Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih melaporkan SLT (60) yang juga merupakan warga Dusun Krajan. Laporan ini berawal ketika SLT yang dalam keadaan sakit menuduh SRI memiliki ilmu santet dan meminta untuk membuang ilmu tersebut. SLT berharap dirinya dapat sembuh dari sakitnya. Kedua pelapor dan terlapor merupakan satu keluarga dan hidup dalaam satu lingkungan.


Kanit Binmas yang juga merangkap sebagai Bhabinkamtibmas Desa Ambulu Ipda Mawardi berupaya mengumpulkan keluarga pelapor dan terlapor  serta disaksikan Perangkat Desa Ambulu. Pertemuan ini berlangsung di ruang Kapolsek Sumberasih AKP Wahyudi. Dalam pertemuan ini dilakukan mediasi agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan.


Setelah diberikan pengertian dan beberapa masukan oleh Kanit Binmas dan Kapolsek, SLT mengakui khilaf atas perbuatannya dan meminta maaf kepada SRI dan keluarga besarnya. Pertemuan ini diakhiri dengan kesepakatan dalam bentuk surat dengan disaksikan masing-masing keluarga serta perangkat Desa Ambulu.