Jumat, 24 Maret 2017

Isu Penculikan Anak di Jangur Tidak Benar / Hoax


Sempat ramai beredar di dunia maya bahwa ada penculikan anak di Desa Jangur Kecamatan Sumberasih. Pelaku diduga menculik cucu dari Sdr. Tris yang bernama Febri (4 Th). Bahkan berita tersebut telah dishare oleh puluhan orang. Namun setelah Petugas Polres Probolinggo Kota datang dan melakukan penyelidikan diketahui bahwa isu penculikan tersebut adalah hoax.


Dari hasil penyelidikan polisi, diperoleh keterangan bahwa pada hari Kamis tanggal 23 Maret 2017 sekitar jam 17.30 Wib Istri dari Sdr. Tris alamat Blok Pacar Desa Jangur Kec. Sumberasih sedang menggoreng krupuk di dapur yang mana di dekatnya ada seekor sapi miliknya. Tak lama kemudian Ibu Tris melihat ada seseorang yang tidak dikenal berada di areal persawahan yg ada tanaman jagung yang hanya berjarak 5 (lima) meter dari dapur. Orang tersebut terlihat menggunakan Sebo (penutup wajah dan kepala). Kemudian karena curiga Bu Tris langsung memberitahukan kepada suaminya yaitu Sdr. Tris lalu bersama beberapa warga beberapa berusaha menangkap orang yang dicurigai tersebut akan tetapi tidak berhasil karena orang tersebut melarikan diri dengan cara masuk ke area tanaman jagung.

 

Adapun isu penculikan tersebut berhembus karena ketakutan keluarga dengan adanya berita yang ditayangkan di televisi. Sdr. Febri, yang diisukan akan diculik ternyata sedang bermain bersama ibunya di depan rumah. Kapolres Probolinggo Kota AKBP Hando Wibowo, S.IK., M.Si menghimbau agar warga tenang dan tidak mudah terpancing serta terprovokasi dengan isu-isu yang tidak jelas kebenarannya. “Diharapkan warga tenang dan tidak main hakim sendiri sebelum mengetahui kebenaran dari peristiwa penculikan. Kami juga menghimbau agar pengguna Sosmed seperti Facebook, Instagram dll agar tidak mudah membagikan berita-berita Hoax yang tidak jelas sumbernya yang justru mengakibatkan ketakutan dan keresahan pada masyarakat. Dihimbau agar masyarakat melaporkan atau konfirmasi kebenaran informasi tersebut ke Kepolisian terdekat.” Tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar