Kamis, 06 April 2017

Bikers Probolinggo Siap Menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas


Kanit Laka Polres Probolinggo Kota Iptu Akhmad Gandhi didampingi KBO Sat Lantas Aiptu Usman meminta ke­­pada para bikers atau peng­gu­na kendaraan roda dua yang ter­ga­bung dalam klub motor di Kota Probolinggo, untuk selalu berperan se­­ba­gai pelopor keselamatan ber­lalu lintas.

Gandi menuturkan, ti­dak semua bikers mau ikut ber­ga­bung dalam klub motor. Pa­da­hal banyak manfaat yang dida­pat dengan bergabung pada klub motor. Lantaran, dengan berga­bung dalam sebuah klub, maka para bikers dapat menertibkan diri. “Klub motor itu harus jadi contoh yang baik untuk bikers di kota ini. Harus juga jadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Pemkot sangat mendukung kegiatan-kegia­tan positif yang dilakukan oleh klub motor,” ujarnya.

Dikatakannya Kepolisian terus berupaya meningkatkan ketertiban berlalu lintas di Kota Probolinggo. “Program penertiban di Probolinggo relatif baik, bahkan semakin ha­ri semakin baik. Karena jika kondisi lalu lintas di kota ini baik, maka stabilitas kota ini juga akan membaik,” tukasnya.

Ia menerangkan, adanya perkelahian berujung penganiayaan di Kota Probolinggo ber­mula dari pengguna jalan. Dia men­contohkan lantaran saling senggol di jalan raya dengan kendaraan biasanya sering berbuntut panjang. Karena itu dengan kesiagaan dan kesigapan para anggota lantas di sejumlah ruas jalan. Juga dapat mencegah terjadinya gesekan antar sesama pengguna jalan.


Dalam kesempatan yang sama Iptu Gandi berpesan ke­pada para bikers, agar tetap meme­gang teguh keselamatan dalam ber­lalu lintas. Sudah sepatutnya para anggota klub motor ini menjadi contoh ketertiban berlalu lintas di masyarakat. “Masyarakat yang tidak tahu mar­ka jalan. Para anggota klub mo­tor punya kewajiban untuk menjelaskan. Jangan kemudian, dibiarkan begitu saja, itu kan sudah jadi tanggung jawab kita bersama. Selain itu kepada anggota klub motor, agar jangan sampai kedapatan melanggar lalu lintas maupun ugal-ugalan di jalan” tandasnya.