Selasa, 11 April 2017

Cegah Banjir, Warga Bangun Plengsengan Saluran Air

Genangan air masuk ke rumah warga di bulan Januari 2016
Bakti Sosial dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Pesisir Bripka Eko Arisandi bersama Perangkat Desa dan warga sekitar di Dusun Kenongo Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih (05/04/17). Kegiatan pembangunan plengsengan saluran air dimaksudkan untuk mencegah terjadinya banjir / luapan air yang menggenangi rumah warga.

 
Menurut Bripka Eko Arisandi, sekitar bulan Januari 2016 terjadi volume air yang tinggi sehingga mengakibatkan genangan air yang sampai masuk ke dalam rumah warga. Beruntung berkat kepedulian dari Sdr. Ayeng yang membantu untuk pembelian bahan bangunan dan pendanaan yang lainnya, akhirnya pembangunan plensengan saluran air ini dapat dikerjakan bersama-sama dengan warga sekitar.

Menurut Ayeng, pembangunan plengsengan ini dimaksudkan supaya air tidak lagi masuk ke halaman rumah warga seperti pada saat hujan deras sebelumnya. Dengan penambahan plengsengan setinggi 80cm diharapkan bisa menjadi tanggul apabila terjadi hujan deras ketika volume air naik.

 

Bripka Eko sendiri memuji atas tindakan Sdr. Ayeng yang peduli dengan warga sekitar dan bersedia menyisihkan sebagian rejekinya untuk orang lain. "Kebetulan tahun kemarin saya membantu mengevakuasi barang-barang milik warga yang rumahnya tergenang air. Semoga dengan adanya plengsengan saluran air ini, untuk tahun selanjutnya daerah Dusun Kenongo aman dari luapan air" harapnya.