Senin, 15 Mei 2017

Bentuk Satgas Pangan, Kapolres Sidak ke Pasar Baru

Senin pagi (15/05) Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, SH. S.IK. M.Hum. melakukan sidak pangan dalam rangka menjaga stabilitas harga kebutuhan bahan pokok menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017. Kegiatan yang dilaksanakan di Pasar Baru Kota Probolinggo ini didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkot Probolinggo Sukarning Yuliastutik, Kepala Bulog David Susanto beserta jajaran.

 
Sidak pangan tersebut menindaklanjuti perintah Kapolri tentang pembentukan Satgas Pangan yang bertugas untuk memantau harga pangan dan ketersediaan bahan pangan serta cadangannya.

 
Dalam sidak yang berlangsung, diperoleh informasi dari pedagang dan pembeli bahwa harga bahan pokok seperti beras ada kenaikan namun dalam batas wajar yaitu, bawang putih dari Rp.50.000,- turun menjadi Rp.45.000,- sedangkan harga gula dan minyak goreng stabil.

 
Kapolres menjelaskan kepada media perlunya menjaga stabilitas harga sembako dan mengawasi disparitas harga dan pendistribusian agar jangan sampai ada pedagang yang mengeruk keuntungan pribadi dengan cara menimbun bahan pangan.

 

Pelaku Usaha Pangan yang dengan sengaja menimbun atau menyimpan melebihi jumlah maksimal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 53 UU Nomor 18 Tahun 2012 dengan maksud untuk memperoleh keuntungan yang mengakibatkan harga Pangan Pokok menjadi mahal atau melambung tinggi dipidana dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun atau denda paling banyak Rp100.000.000.000,00 (seratus miliar rupiah).” Tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar