Rabu, 10 Mei 2017

Wujud Pelayanan Prima, KB Samsat Probolinggo Kota Luncurkan Program "Walk Thru"

Sebagai salah satu instansi penyelenggara pelayanan publik, kemarin Kantor Bersama SAMSAT Probolinggo kota meluncurkan program Samsat Walk Thru (09-05-2017). Program ini bagian dari mewujudkan pelayanan prima kepada wajib pajak dan memberikan kemudahan bagi warga. Banyaknya wajib pajak yang harus bolak-balik untuk membayar pajak kendaraan bermotor tahunan karena keterbatasan waktu pelayanan serta jumlah antrian wajib pajak di loket utama yang cukup panjang membuat Kapolres Probolinggo Kota, Kepala UPT Dispenda, Adpel Samsat Kota Probolinggo dan Jasa Raharja meluncurkan program ini untuk pemberikan pelayanan prima dan kemudahan.

 
Inovasi layanan SAMSAT Walk Thru ini merupakan inovasi internal yang dibentuk oleh pihak Kantor Bersama SAMSAT Probolinggo Kota dengan tidak membebani wajib pajak untuk antri didalam kantor Samsat dalam membayar pajak kendaraannya. “Wajib pajak cukup memanfaatkan layanan Walk Thrue ini di luar kantor. Jadi kami telah siapkan tempat untuk kegiatan tersebut.” Ujar Eko Masqudi, Kepala Adpel Samsat Probolinggo Kota.

 
Layanan Walk Thrue ini memberi akses dalam hal kecepatan waktu pelayanan dan kemudahan persyaratan. Dimana waktu pelayanannya singkat dan hanya membawa STNK asli dan KTP asli. Compatibility terkait pengambilan keputusan pihak Kantor Bersama SAMSAT untuk membentuk inovasi layanan SAMSAT Walk Thru sudah berdasarkan kebutuhan dan kondisi masyarakat yaitu pelayanan yang cepat, mudah, dan tidak berbelit-belit.

 
Complexity pada mekanisme, tata cara atau prosedur pemabayaran pajak kendaraan bermotor tahunan melalui inovasi layanan SAMSAT Walk Thru tidak terdapat kerumitan dan dapat dengan mudah dimengerti oleh wajib pajak. Triability dalam inovasi layanan SAMSAT Walk Thru tidak ada fase uji coba karena mempertimbangkan kebutuhan masyarakat. Meskipun demikian, pihak Kantor Bersama SAMSAT Probolinggom Kota melakukan sosialisasi berkelanjutan kepada masyarakat melalui media cetak dan media elektronik.

 
“Diharapkan SAMSAT Walk Thru ini dapat berjalan sesuai dengan harapan dan kebutuhan wajib pajak. Beberapa faktor yang menjadi kekuatan dari inovasi ini berasal dari sumber daya manusia sebagai pemberi layanan yang memiliki kemampuan yang sama dan selalu menerapkan 3S kepada setiap wajib pajak, serta bersikap ramah, adanya evaluasi secara rutin, dan adanya pelibatan semua pihak, dalam hal ini yaitu petugas dan masyarakat.” Pungkas Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, S.H., S.IK., M.Hum.