Selasa, 20 Juni 2017

Olahraga Malam Sambil Patroli, Why Not?

Di tengah kesibukan anggota Polres Probolinggo Kota melaksanakan tugas, Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, S.H., S.IK, M.Hum. bersama anggota mengajak Ulama untuk berolahraga malam hari sambil patroli. Lo Kok Bisa? Bisa dong.

Dengan menggunakan baju olahraga dan kopyah, rombongan Kapolresta dan ulama ini berjalan kaki santai sambil mendatangi Poskamling di wilayah perumahan padat penduduk yang mayoritas pendatang. Tak lupa mereka membekali diri dengan gelang fosfor yang menyala di malam hari agar tidak membahayakan keselamatan diri.

Di salah satu Poskamling yang terletak di Perumahan Kopian, Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, Kapolresta berdialog dengan warga setempat yang kebagian giliran jaga. Banyak warga yang menyampaikan unek - uneknya berkaitan dengan situasi kamtibmas di lingkungan mereka.

Kapolresta sendiri berpesan kepada warga agar tetap waspada dengan situasi yang mendekati Lebaran karena banyak warga yang akan mudik dan meninggalkan rumah mereka. “ Tolong ya pak, kalau bapak atau ada tetangganya yang mudik untuk lapor ke Bhabinkamtibmas atau RT agar rumahnya dapat diawasi. Kami akan tempel Nomor Call Centre Polresta Probolinggo dan Polsek jajaran di Poskamling ini agar sewaktu waktu petugas bergerak cepat bilamana ada kejadian,” himbau Pamen dengan dua melati di pundaknya ini.

Usai dari Poskamling, rombongan juga menyempatkan berkomunikasi dengan warga yang masih nongkrong di depan rumahnya. Dari situ diketahui bahwa banyak warga yang sudah pergi mudik ke kampung halamannya masing – masing karena kunci rumahnya dititipkan tetangga yang tidak mudik.

“Kami juga membagi gembok secara gratis kepada warga yang rumahnya sudah kosong namun pintu pagarnya tidak terkunci. Ini untuk meningkatkan keamanan rumah tersebut agar tidak diincar oleh pelaku kejahatan. Untuk kunci gemboknya kami titipkan kepada Pak RT atau tetangga yang diberi wewenang untuk menjaga,” tambahnya.

Camat Kademangan yang juga mendampingi Kapolresta menyampaikan apresiasi atas kinerja dan inovasi dari Kepolisian. “Pak Alfian ini baru satu bulan namun sudah banyak inovasi dan ide uniknya yang berjalan dengan baik,” jelasnya.

Mengamini hal itu , salah satu warga yaitu Parsono mengaku senang dan bangga karena jajaran Kepolisian semakin banyak yang turun ke lapangan. “Dengan banyaknya petugas kepolisian yang turun langsung ke lapangan, tentunya warga akan merasa aman dan terlindungi,” ujarnya.