Kamis, 01 Juni 2017

Peringati Lahirnya Pancasila, Polresta Probolinggo Selenggarakan Upacara Bendera


1 Juni 2017, menjadi sejarah karena Indonesia pertama kalinya menyelenggarakan Peringatan Hari Lahir Pancasila. Begitu juga dengan Polresta Probolinggo yang turut serta memperingatinya dengan melaksanakan upacara Bendera.

Hal ini memang tertuang pada melalui Surat Nomor B-437 / M.Sesneg / SET / TU.00.04 / 05 / 2017 tanggal 18 Mei 2017 yang berisi seluruh instansi Pemerintah, baik di Pusat, daerah, maupun perwakilan Pemerintah di luar negeri, serta BUMN/BUMD diminta untuk menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi. Tujuannya agar kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara merupakan satu kesatuan proses sejak rumusan Pancasila pertama kali disampaikan Ir Soekarno tanggal 1 Juni 1945, rumusan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, hingga rumusan final tanggal 18 Agustus 1945.

Tanggal 18 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Konstitusi melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 18 tahun 2008. Untuk melengkapi sejarah ketatanegaraan Indonesia, tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keppres Nomor 24 Tahun 2016.

Dengan mengusung tema ““Saya Indonesia, Saya Pancasila” merupakan bentuk ekspresi bersama yang dibawakan dengan cara personal. Mengingatkan kembali bahwa Pancasila tidak hanya sebagai Dasar Negara, tetapi juga jati diri bangsa dimana kelima silanya menyatukan segala perbedaan yang ada di Indonesia.