Selasa, 20 Juni 2017

Sidak Jalur Penyebrangan Laut, Kapolresta Sosialisasi Life Jacket

Polresta Probolinggo bersama petugas Syahbandar, melakukan Inspeksi Mendadak kesiapan mudik jalur laut, di lokasi penyebrangan antar pulau, Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo Jawa Timur, Minggu (18/06/2017).

 
Sidak meliputi, pemberian himbauan kepada para pemilik perahu, agar tidak mengangkut barang melebihi jumlah batas muatan. Diketahui, bentuk angkutan penyeberangan laut setempat merupakan perahu tradisional terbuat dari kayu, ukuran berkisar antara 15 x 5 meter, dengan muatan penumpang sekitar 30 orang.

 


Satu persatu penumpang, diberikan arahan oleh petugas agar tak lupa menggunakan jaket pelampung, saat perahu sudah berlayar demi menjaga keselamatan, dari bahaya yang sewaktu – waktu bisa mengancam.

 
Diketahui memasuki H – 7 hari raya Idul Fitri 2017, animo penumpang perahu di lokasi penyeberangan laut pelabuhan Tanjung Tembaga, mengalami peningkatan signifikan berkisar 70 – 80% perharinya. Mereka umumnya merupakan warga pulau Gili Ketapang, yang tinggal di wilayah terluar Probolinggo, yang hendak pulang ke kampungnya, usai merantau ke sejumlah daerah di pulau Jawa.

 
 “Ya ini naik perahu mau kembali ke kampung, untuk lebaran di rumah nantinya. Bagus lah kalo dilengkapi pelampung seperti ini, jadi aman di lautan nanti,” ungkap Azizah, penumpang perahu.

 
Kapolresta Probolinggo, AKBP Alvian Nurrizal, SH, S.Ik, M.Hum menyampaikan sidak dilakukan guna melihat kesiapan mudik jalur laut. “Utamanya, jumlah manifest / penumpang, perahu angkutan harus sesuai sertifikasi kapal laut dan penumpang wajib menggunakan jaket pelampung (life jacket),” pungkasnya.