Selasa, 20 Juni 2017

Tekan Laka Lantas di Perlintasan Kereta, Kapolresta Pasang Banner Jadwal Kereta Api

Perlintasan tanpa dilengkapi palang pintu terdapat banyak di Kota probolinggo. Perlintasan tersebut kerap memakan korban pengendara yang kurang hati – hati dalam menyeberang perlintasan tanpa dilengkapi palang pintu.

 
Untuk mengurangi resiko tersebut, khususnya di arus mudik 2017 Polresta Probolinggo memasang jadwal kereta api yang melintas di Kota Probolinggo. Pemasangan himbauan agar hati-hati saat melewati perlintasan dan jadwal kereta api dalam bentuk banner tersebut dilaksanakan di perlintasan tak berpalang pintu di Jalan Sunan Muria Kelurahan Kebonsari Wetan Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo.

 
Selain Kapolresta Akbp Alfian Nurrizal, Lurah Kebonsari Wetan Suhari juga ikut dalam pemasangan jadwal kereta api di perlintasan tanpa palang pintu tersebut. Pemasangan jadwal kereta api tersebut dilakukan 2 sisi yaitu sisi timur dan barat perlintasan dengan menggunakan bambu.

 
Selain itu di perlintasan tersebut juga disiapkan pam swakarsa yang diisi oleh 2 orang petugas yang bertugas untuk memberhentikan pengguna jalan yang akan melintas jika kereta api akan melewati perlintasan tersebut.

 
Selanjutnya untuk mengingatkan pengguna jalan Kapolresta memberikan himbauan serta informasi kepada sopir mobil yang sedang melewati perlintasan tersebut. Himbauan serta pemberian informasi tersebut terkait jadwal kereta api yang sudah dipasang pada perlintasan tersebut.

 
“Dari data yang dimiliki Polresta Probolinggo sejak 2011 hingga 2016 angka kecelakaan di perlintasan tanpa palang pintu meningkat, maka Kepolisian berinisiatif memasang himbauan agar berhati – hati serta jadwal kereta api tersebut untuk mengurangi angka kecelakaan. Selain itu kami juga menempatkan petugas Pam Swakarsa yang akan berjaga menjelang Hari H sampai dengan H+ 3 Lebaran,” jelasnya.

 

Sementara itu Richard, pengguna jalan mengatakan dengan dipasangnya jadwal kereta api di pintu perlintasan tersebut sangat membatu warga khususnya warga luar wilayah kebonsari wetan. “Kami bisa melihat jadwal kereta lewat sehingga ketika lewat, kami bisa lebih berhati hati,” ujarnya.