Selasa, 24 Oktober 2017

Dipasung Tiga Tahun, Gusti Randa Akan Dirujuk Ke RSJ Lawang

Agus Gusti Randa (21), pemuda yang tiga tahun terakhir dipasung keluarganya, pasca kecanduan pil koplo, dipastikan akan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Lawang, Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat.
 
Rencana itu segera terwujud setelah Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, Psikiater RSUD Dr Moch Saleh, serta perwakilan dari Puskesmas Kedopok, mengunjungi Putra sulung pasangan Kurnadi dan Lilik ini. Tim gabungan ini, akan membawa warga RT4/RW4 Kelurahan Sumberwetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo ini, pada Senin (23/10/2017) mendatang.
 
“Kalau dari keterangan orang tuanya, si Agus ini tidak mau berkomunikasi. Tapi setelah kami dekati, kami berikan makanan dan minuman, yang bersangkutan ternyata bisa berkomunikasi. Boleh dikata, selama ini mungkin kurang perhatian saja. Insyaallah, segera untuk dirujuk, sembari kita menyiapkan surat-suratnya," ujar AKBP Alfian Nurrizal.
 
Dari pemeriksaan secara fisik oleh tim medis, berdasarkan diketahui berat badan Agus sudah tidak ideal bagi pemuda seusianya. Tak hanya itu, tulang  dada Agus mengalami pergeseran dari posisinya, yang menonjol di bagian kiri. Diduga hal itu dikarenakan pola duduk dan tidur yang tidak baik selama dipasung.
 
"Kalau kejiwaannya kami sulit memprediksi. Yang menjadi menjadi prioritas kami saat ini adalah untuk memulihkan kondisi fisiknya dulu. Tentunya juga, pengobatan untuk penyakit kejiwaannya juga ditangani," kata dr. Khusnul Yaqin, dokter umum RSUD Dr. Moch Saleh Kota Probolinggo, sesuai memeriksa fisik Agus.
 
Seperti wartakan sebelumnya, Agus Tiranda, dipasung keluarganya selama tiga tahun terakhir. Pasungan itu dilakukan setelah yang bersangkutan mengalami overdosis pil koplo, hingga mengamuk tidak karuan. Agus juga kerap meracau dan pergi dari rumah dan tidak kembali. Karena pertimbangan itulah, keluarga kemudian memasungnya di kamar belakang.