Selasa, 31 Oktober 2017

Peringati Sumpah Pemuda, Ratusan Pelajar Ikrar Anti Narkoba

Memperingati Hari Sumpah Pemuda Kapolresta Probolinggo bersama Walikota Probolinggo dan Forkopimda serta ratusan pelajar melaksanakan upacara di Alun Alun Kota Probolinggo, Senin (30/10/2017). Usai upacara, dilaksanakan Deklarasi Anti Narkoba bersama – sama dengan pelajar.
 
Deklarasi dilakukan dengan pembacaan naskah deklarasi oleh siswa siswi SMA/K. Usai prosesi deklarasi yang dilanjutkan dengan pembacaan naskah Sumpah Pemuda, giliran Kapolres Probolinggo Kota bersama forkopimda  membubuhkan tanda tangan pada piagam Ikrar. Sedangkan ratusan siswa yang hadir bergantian membubuhkan tanda tangan pada kain putih panjang yang sudah disediakan oleh Sat Narkoba Polres Probolinggo Kota.
 
Kapolres Probolinggo Kota, Alfian Nurrizal mengatakan, dalam acara tersebut adalah sebagai aksi untuk mencegah terlibatnya para pelajar terjerumus di perkara narkoba.
 
“Pencegahan penyalahgunaan narkoba sudah seharusnya dilakukan sejak dini. Pencegahan Narkoba yang akhirnya saat ini masuk kepada kurikulum pelajaran di sekolah diharapkan mampu menjaga aset bangsa ini agar tidak terjerumus pada narkoba,” terangnya di sela-sela deklarasi Pelajar Kota Probolinggo Cinta Damai dan Anti Narkoba. 
 
“Perwakilan pelajar yang hadir akan menjadi agen mengajak siswa lain di lingkungan sekolahnya. Dengan begitu nanti Gerakan Cinta Damai dan Antinarkoba tersebut menjadi gerakan masif di kalangan pelajar,” tambah Alumnus Akpol 2000 ini.
 
Walikota Probolinggo, Hj Rukmini mengatakan, deklarasi tidak terlepas dari banyaknya kasus kriminalitas di tengah masyarakat yang melibatkan pelajar. Peringatan Sumpah Pemuda pun dijadikan momentum untuk kembali mengajak para pelajar tidak terlibat dalam aksi ke jahatan dan tindak kriminalitas jalanan.
 

“Banyaknya yang dilakukan  penyalahgunaan narkoba, geng motor, yang pelakunya masih remaja dan pelajar. Untuk itu momen Sumpah Pemuda ini kita jadikan momentum mengajak mereka ke arah yang positif,” ucapnya.