Rabu, 04 Oktober 2017

Sumberkare Dilanda Kekeringan, Polresta Probolinggo Turun Tangan

Dengan menggandeng Kasubbid Lapangan dan Teknik PDAM, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal SH, S.IK, M.Hum melaksanakan survei lokasi daerah kekurangan air bersih (kekeringan) di Dusun Pelan Kerep Desa Sumberkare kec. Wonomerto Kab. Probolinggo (03/10/2017).
 
Sebelumnya sebagaimana sempat diberitakan di medsos, di dusun Pelan Kerab RT 4 RW 1 desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto Kab Probolinggo mengalami kekurangan air bersih dikarenakan struktur geografis tanahnya bebatuan.
 
Pada saat dilakukan pengecekan di beberapa lokasi antara lain  RT. 4 Rw. 1 Dsn. Pelan kerep di sekitar rumah Sdr. Muklas tidak terdapat pasokan air sehingga warga bahu membahu membuat sumur air sampai 30 meter namun masih belum muncul air padahal sudah dilaksanakan penggalian selama 2 tahun.
 
“ Selama ini kami mendapat bantuan air bersih berupa 1 (satu) tangki air setiap hari dari BPBD Kabupaten Probolinggo namun pasokan air tersebut tidak mencukupi “, ujar salah satu warga.
 
Di RT. 2 Rw. 1 Dsn. Pelan Kerep terdapat aliran air bersumber dari dari aliran sungai umbulan daerah Lumbang kab probolinggo sedangkan di RT. 1 Rw. 1 Dsn. Pelan kerep Terdapat Tandon bantuan dengan Operator Sdr. Misnawor. Bantuan sarana dan prasarana air bersih melalui sumur bor dalam diperoleh dari Badan Geologi Kementerian Energi dan sumber daya mineral tahun 2014, selanjutnya dikelolah oleh HIPA (Himpunan pengguna air).
 
“ Setelah kami lakukan pengecekan langsung di lapangan, kami temukan di daerah Dsn. Pelan kerep Ds. Sumberkare Kec. Wonomerto Kab. Probolinggo kekurangan air di RT 2, RT 3 dan RT 5 yang mana pasokan air tiap harinya hanya 1 tangki air untuk digunakan bersama – sama sekitar 200 KK per blok,” ujar Kapolres.
 
“ Polres Probolinggo Kota akan bekerja sama dengan PDAM membuatkan saluran air melalui tandon milik Sdr. Madris ke blok Sdr. Muklas yang jaraknya sekitar 500 meter serta memberikan tandon air sebagai penampungan air tersebut yang rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat “, tambah Alumnus Akpol 2000 tersebut.