Senin, 01 Januari 2018

Ahli IT : Foto Pemandu Lagu itu Asli


Menanggapi beredarnya foto “penampakan makhluk astral” yang viral di media sosial membuat Murdiono, S.Kom, ahli Informasi Teknologi asal surabaya angkat bicara. Ahli IT ini dimintai bantuan oleh Polres Probolinggo Kota untuk menganalisa foto “penampakan” tersebut apakah merupakan editan atau bukan.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan analisa terhadap foto tersebut, diperoleh keterangan bahwa foto tersebut diambil menggunakan Handphone Samsung pada tanggal 29 Desember 2017 jam 20.45.53 dengan resolusi / ukuran 4.59Mb.

“Foto tersebut berdasarkan Data Exif Metadata File adalah Asli” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa beredar foto yang diduga “penampakan” sehingga membuat publik geger dan menyimpulkan bahwa foto tersebut adalah penampakan hantu yang sedang menampakkan diri. Foto tersebut langsung menjadi viral dan dalam waktu sekejap sudah dibagikan ribuan kali oleh netizen.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP. Alfian Nurrizal, S.H., S.IK., M.Hum., menjelaskan bahwa foto tersebut memang asli namun bukan penampakan makhluk astral seperti yang santer di media sosial.

“Jadi Sdri. YN menggunakan semacam kerudung seperti selambu warna hitam dengan motif bunga yang tampak tembus pandang. Saat dilakukan razia dan difoto, kain itu digunakan untuk menutupi wajahnya. Sedangkan mata yang menyala akibat dari flash lampu HP yang digunakan untuk memotret,” Tandas Alumnus Akpol 2000 ini.

“Kami berharap masyarakat tidak berspekulasi lagi dan menyebarkan isu HOAX bahwa ada foto “penampakan hantu” yang membuat resah masyarakat,” tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar