Rabu, 31 Januari 2018

Fenomena Super Blue Blood Moon, Polresta Gelar Sholat Gerhana Bulan

Gerhana bulan total atau "Super Blue Blood Moon" atau "Supermoon" yang terjadi tanggal 31 Januari 2018 merupakan fenomena langka karena akan terulang 36 tahun untuk wilayah Indonesia (30-31 Desember 1982).
 
Terkait momentum Gerhana Bulan Total, Polresta Probolinggo menggelar shalat gerhana bulan di halaman Mapolresta Probolinggo. Ibadah tersebut diikuti oleh ratusan anggota Kepolisian dan keluarganya serta warga sekitar Mapolres.
 
Gus Lubab, Wakil Rais Syuriah PCNU Kota Probolinggo yang didapuk sebagai Imam dan Khatib menjelaskan bahwa shalat gerhana bulan hukumnya sunnah muakkad.  Terdiri dari dua rakaat, tiap-tiap rakaat dua kali ruku, dua kali membaca Al fatiha, dan surah pilihan, serta dua kali sujud. Setelah shalat, diakhiri salam dilanjutkan dengan pembacaan khutbah shalat gerhana yang merupakan sunnah bagi jamaah untuk mendengarkannya.
"Karena ini sunnah, mulai dari shalat sampai khutbahnya juga disunnahkan untuk didengarkan sampai selesai," katanya.
 
Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, SH, S.IK, M.Hum mengatakan makna menyelenggarakan shalat gerhana adalah sebagai ucapan syukur dan mengagungkan kekuasaan Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar