Selasa, 20 Maret 2018

Anggota Sat Lantas Polresta Probolinggo Latih PKS


Patroli Keamanan Sekolah ( PKS ) adalah suatu organisasi yang merupakan wadah partisipasi para pelajar yang berminat di bidang kelalulintasan di bawah naungan Kepolisian. Dibentuknya PKS sebagai upaya menanamkan kesadaran hukum dan peraturan-peraturan lalu lintas sedini mungkin kepada para remaja umumnya dan pelajar pada khususnya, sehingga kelak dikemudian hari akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun lalu lintas, selanjutnya mengamalkan serta melaksanakan sebagai pemakai jalan yang baik.

Hari ini Selasa ( 20-3-2018 ) anggota Lantas Polresta Probolinggo melaksanakan pelatihan dan pembinaan PKS di SDN Mangunharjo 3 dan SDN Sukabumi 4-5. Kegiatan pembinaan tersebut bertujuan untuk memantapkan kemampuan para siswa Pks dalam hal pengaturan lalu lintas terutama pada saat mereka membantu penyeberangan jam masuk dan pulang sekolah, hal ini sangat penting dan mendasar dilaksanakan karena jalur  jalan disekolah mereka merupakan jalur padat dan ada beberapa diantaranya merupakan jalur pantura. Sehingga dalam melaksanakan kegiatan pengaturan mereka harus bisa menjaga keselamatan temannya dan dirinya sendiri. Kegiatan pembinaan Pks tersebut meliputi tatacara penyeberangan, pengenalan gerakan pengaturan lalu lintas yang benar, pengenalan bunyi peluit dan sikap pada saat melaksanakan pengaturan.

Bripka Suyanto mengatakan, PKS mempunyai peran penting dalam membantu tugas Kepolisian terutama pada saat melaksanakan pengaturan lalu lintas di depan sekolah. Bripka Suyanto juga mengungkapkan, PKS juga dapat memupuk kedisiplinan dan tanggung jawab sejak dini kepada para siswa .

Lantas Polresta Probolinggo saat ini memang gencar melaksanakan giat binluh dan penyuluhan kepada sekolah – sekolah dalam rangka pelaksanaan Ops. Keselamatan Semeru 2018.  Dengan sering nya turun ke sekolah, Sat Lantas berharap bisa meningkatkan kesadaran tentang betapa penting nya menjaga keselamatan pada saat berkendara.

“Kami berharap dengan kegiatan ini, bisa memotivasi para siswa – siswi untuk bisa memupuk kedisiplinan dalam ber lalu-lintas”, tegas Bripka Suyanto.