Selasa, 06 Maret 2018

Antisipasi Serangan Anjing Liar, Unit K-9 Gencar Lakukan Penyanggongan


Keresahan warga tentang anjing liar yang menyerang ternak milik mereka direspon oleh Unit K-9 Polresta Probolinggo. Bersama Mitra K-9, Unit satwa milik Kepolisian ini melakukan penyanggongan di Jalan Serma Abd Rahman Kel. Wiroborang Kec. Mayangan Kota Probolinggo.

Sebelumnya, pada Domba milik Sdr. Jamali warga wiroborang Kec. Mayangan mati akibat diduga diserang oleh anjing liar. 2 (dua) ekor domba yang mati tersebut memiliki bekas luka koyak akibat gigitan di leher, perut dan dada. Domba yg diserang dan di gigit merupakan domba yang dipelihara di kandang tanah.

Unit Satwa K-9 menyiapkan alat taktis yang nantinya akan digunakan untuk menangkap anjing liar seperti : body Protector, Tali Penuntun, Rantai Leher, Tameng K-9, Hand Protector dan Cannel Box.

Penyanggongan bersama warga Kel. Wiroborang dan mitra K9 dimulai sekira pukul 23.00 wib s/d 03.00 wib untuk antisipasi anjing liar kembali menyerang ternak warga. Penyanggongan dilaksanakan sampai 3 hari namun tidak dijumpai sekawanan anjing liar seperti yang diberitakan oleh warga.

Bripka Febrianto Eka P, Kanit K-9 Polresta Probolinggo, Selasa (06/03/18) menjelaskan bahwa akan berkoordinasi dengan Drh Andry dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Probolinggo terkait dengan serangan anjing liar tersebut, dikarenakan bulan sebelumnya juga terjadi di wilayah Gending Kab. Probolinggo, tetapi setelah di visum ternyata ternak warga mati akibat keracunan pestisida di daun yang dimakan hewan ternak.

“Kami juga intensif untuk memberikan penyuluhan kepada warga sekitar yang memiliki anjing agar di pelihara di kandang maupun di tali. Selain itu patroli penyanggongan akan tetap kami lakukan sampai situasi kamtibmas kembali aman” ujarnya.