Jumat, 23 Maret 2018

Jaga Kebugaran Personil, Polresta Probolinggo Selenggarakan TKJ Rutin


Ratusan personil Polresta Probolinggo melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo, Jumat (23/03/18). Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H S.IK . M.Hum mengatakan, tujuan TKJ adalah untuk mengukur kekuatan stamina, dan kesamaptaan seluruh anggota Polresta Probolinggo.

TKJ ini rutin dilaksanakan 2 (dua) kali dalam setahun. Sebelum dilaksanakan TKJ, seluruh anggota juga diharuskan untuk melaksanakan Pemeriksaan Kesehatan oleh Tim Dokkes. “Ini dilakukan guna mengetahui kesehatan setiap anggota’, imbuh Kapolresta.

Pelaksanaan TKJ  digelar dalam tiga gelombang, yakni dari hari Kamis, Jumat dan Sabtu. “Maksud dari pengaturan jadwal yang dibagi menjadi tiga gelombang ini supaya tidak mengurangi atau mengganggu kegiatan lainnya yang berhubungan dengan tugas operasional maupun pelayanan masyarakat dari tiap anggota,” kata Kapolresta.

Sementara itu Kabag Sumda Polresta Kompol Sayudi mengatakan, kegiatan TKJ sudah dilaksanakan rutin setiap enam bulan sekali. Kendati demikian, maksud dilaksanakan TKJ ini adalah untuk mengevaluasi sampai sejauh mana kemampuan fisik dan kesehatan anggota Polri, dan PNS khususnya Polresta Probolinggo. Selain itu, dengan TKJ juga menjaga kebugaran jasmani agar tetap prima dan selalu siap bertugas dalam kondisi apapun.

Ditambahkan Kabag Sumda, ada lima item yang dilaksanakan dalam tes kesamaptaan jasmani. Yakni, lari mengelilingi lapangan stadion selama 12 menit, pull up, push up, sit up dan shutle run (lari membentuk angka 8).

Sedangkan bagi anggota yang sudah berumur 50 tahun ke atas, hanya melaksanakan jalan kaki / tretmill mengelilingi lapangan stadion selama 12 menit tanpa pull up, sit up, push up dan shutle run.