Rabu, 21 Maret 2018

Peduli Generasi Muda, Polisi Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Tertib Lalu - Lintas


Kepedulian anggota Polsek Tongas kepada kelangsungan generasi muda sangatlah besar. Hal ini ditunjukkan dengan turunnya Polsek Tongas ke sekolah – sekolah untuk melaksanakan sosialisasi Bahaya Narkoba dan Tertib Berlalu- Lintas. Salah satunya bertempat di SMP dan SMK Mamba’ul Islam desa Wringinanom Kec. Tongas Kab. Probolinggo rabu pagi ( 21/03/18 ).

Dihadapan 100 siswa SMP dan SMK Mamba’ul Islam, Brigpol Fakta Amir anggota Sat, Intelkam polsek menyampaikan penyuluhan khusus terkait kenakalan remaja seperti, tawuran, balap liar, aksi corat-coret maupun minuman keras serta pornografi. Disampaikan pula tentang bahaya narkoba, untuk itu dihimbau kepada para pelajar agar menjauhi narkoba karena akan merusak masa depan.

Menurutnya bahwa usia remaja adalah usia yang rawan, cenderung mencari dan menunjukkan jati dirinya. Oleh karena itu penting bagi para pelajar setingkat SMA/SMK untuk memiliki bekal pengetahuan terhadap masalah kenakalan remaja maupun narkoba.

Anggota intelkam juga mengajak para siswa untuk menciptakan suasana persaudaraan sesama pelajar,   baik pelajar dalam lingkungan sekolah maupun pelajar yang berasal dari sekolah lain. Karena kita ketahui bahwa remaja usia sekolah setingkat SMA/SMK sangat rentan terhadap yang namanya kenakalan remaja.

Selanjutnya binluh oleh Kanit Lantas, Bripka Breni Raharjo Amd dengan memberikan materi tentang tertib berlalu lintas. Dijelaskan bahwa banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar. Salah satu penyebabnya karena pemahaman tentang tata tertib berlalu lintas dikalangan pelajar masih minim.

Oleh karena itu pentingnya pemahaman tatacara disiplin berlalu lintas di jalan raya bagi para pelajar. Seperti menggunakan kelengkapan berkendaraan antara lain memakai Helm standar, melengkapi kendaraan dengan spion, memasang plat Nomer Polisi yang sesuai standar, membawa SIM dan STNK serta memperhatikan etika berkendaraan yakni mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan.

Adapun tujuan binluh tertib berlalu lintas ini untuk memberikan wawasan tentang keselamatan lalu lintas dan menanamkan jiwa pelopor tertib berlalu lintas di lingkungan pelajar. Diharapkan dengan adanya binluh ini, para siswa memahami dan berhati-hati serta memperhatikan rambu-rambu dalam berkendaraan.

Sementara itu Kepala Sekolah Rinatus Zahro mengatakan kegiatan ini dapat menjadi bekal siswa baru agar tidak terjerumus kedalam kenakalan remaja apalagi tindak kriminal serta memiliki pengetahuan tentang tertib berlalu lintas.