Rabu, 21 Maret 2018

Perangi Hoax, Unit Cyber Ajak Interaksi Pelajar

Memerangi berita “Hoax” yang semakin memprihatinkan saat ini, Unit Cybertroop Polresta Probolinggo ajak pelajar SMKN 1 Sumberasih  cerdas berinternet dan deklarasi anti hoax, Rabu (21/03/18) pagi.

Hoax adalah informasi yang tidak benar dan sengaja dibuat menarik, agar orang yang membaca ingin membagikan informasi itu sehingga ramai dibicarakan. Selain itu, hoax bisa menyebabkan situasi kamtibmas yang selama ini sudah terjaga bisa terganggu.

Salah satu anggota cyber, Brigpol Tata Bayu juga menambahkan, agar berhati hati dalam menggunakan Handphone (Hp) hindari perkataan dalam medsos yang mengundang provokasi,sara dan memojokan suatu kaum ataupun pribadi seseorang yang memancing amarah, karena untuk saat ini sudah ada UU ITE yang mengatur dalam bermedia sosial, gunakan medsos secara bijak dan share lah hal-hal yang positif yang memicu semangat, dan hal kreatifitas yang akan menjadi suatu motivasi kepada khalayak ramai untuk mengikuti.

“Kita berikan pemahaman kepada para siswa – siswi  yang mengikuti acara sosialisasi. Kita jadikan mereka pionir ataupun pelopor anti hoax di lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal. Mereka itulah nantinya yang akan melakukan perlawanan kepada berita hoax di lingkungannya,” ucap Brigpol Tata Bayu.

Menurut Anggota Cyber, berita bohong atau berita hoax ataupun ujaran kebencian ini sangat masif di medsos, terutama di media Facebook “Sehingga harus kita perangi bersama,” ucapnya.

Di sisi lain, Kepsek SMKN 1 Sumberasih mengungkapkan rasa terima kasih yang sangat besar atas kehadiran unit Cyber di SMKN 1.  Bapak Heri Susanto juga menambahkan bahwa saat ini memang sangat dibutuhkan pemahaman  tentang bagaimana cara yang tepat dan bijak dalam menggunakan medsos karena mayoritas siswa – siswi SMK Sumberasih sudah menggunakan medsos.