Kamis, 22 Maret 2018

Turun ke Sekolah, Polisi Beri Pemahaman Tentang Ujaran Kebencian


Jajaran Satuan Binmas Polsek Wonoasih yang beranggotakan Bripka Yusuf Han dan Brigpol Agus Setiawan, melakukan binluh MTS Jrebeng Lor Kec. Wonoasih Kota Probolinggo, Kamis (22/03/18).

Dalam kesempatan itu, Sat Binmas melakukan giat pembinaan dan penyuluhan (binluh) tentang antisipasi  bahaya radikalisme dan menangkal hate speech atau ujaran kebencian.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Yusuf Han, memaparkan unsur-unsur apa saja yang termasuk ujaran kebencian, bentuk- bentuk ujaran kebencian, alat/prasarana yang digunakan, dampak dari hate speech, data kasus yang ditangani oleh Kepolisian, serta proses penanganan dan penegakkan hukum berdasarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008.

Bhabinkamtibmas Polsek Wonoasih berharap binluh ini akan mengantisipasi adanya radikalisme di lingkungan tempat tinggal, sehingga pelajar dapat memahaminya dan dapat pula mengantisipasi bahaya radikalisme pada dirinya dan keluarganya.

“Mudah-mudahan kerjasama antara pihak MTS Jrebeng Lor dengan Polsek akan terus dan tetap berlanjut, dalam hal pembinaan dan penyuluhan yang merupakan program preemtif dari Kepolisian khususnya Sat Binmas Polsek Wonoasih,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kepsek MTS Jrebeng Lor mengungkapkan rasa terima kasih yang sangat besar atas kehadiran Sat. Binmas Polsek Wonoasih.  Bapak Kepsek juga menambahkan bahwa saat ini memang sangat dibutuhkan pemahaman  tentang bahayanya paham radikalisme dan ujaran kebencian yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.