Rabu, 04 April 2018

Ajak Cangkrukan, Cara Polisi Berikan Pembinaan Terhadap Pedagang Asongan


Hari itu ada pemandangan yang sangat “adem” di terminal Bayuangga Kota Probolinggo. Nampak beberapa anggota Polsek Kademangan terlihat sangat “cair” dengan para pedagangan asongan di terminal. Bahkan mereka juga melaksanakan makan siang bersama di pojok gazebo terminal Bayuangga.

Tertarik dengan kejadian tersebut, tim Tribratanews berinisiatif menghampiri dan menyapa pak Polisi dan para pedagang asongan yang sedang asyik berbincang – bincang di Gazebo tersebut.

Diantara para anggota Polisi tersebut, nampak Kompol Toyib Subur, Kapolsek Kademangan. Anggota Polri dengan pangkat melati satu di pundak itu pun dengan hangat menjawab pertanyaan yang tim ajukan kepadanya.

Kapolsek mengatakan, dengan cara seperti ini lah Polisi bisa mendekatkan diri dengan masyarakat. Kapolsek juga menambahkan, dengan kegiatan seperti ini, kita bisa memutus jarak antara Polisi dan warga. Kesan tegas dan “kasar” yang nampak lekat dengan seragam polisi, bisa hilang. Selain itu, Kapolsek juga bisa memberikan himbauan dengan santai namun berkualitas. Terutama terkait dengan antisipasi situasi kamtibmas di wilayah Kota Probolinggo menjelang Pilkada 2018.

“Dengan cara ini, saya bisa memutus “Gap” antara polisi dan warga. Masyarakat juga bisa lebih menerima himbauan dari kita dengan cara santai seperti ini. Lagipula, Pada dasar nya Polisi adalah pelayan masyarakat, jadi sebisa mungkin kita berusaha mendekatkan diri dengan mereka” ucap Kapolsek.

Di sisi lain, salah satu pedagang asongan, Anam, mengatakan bahwa jarang – jarang mereka diajak “ Cangkruk “ dan ngobrol santai dengan Polisi. Apalagi sampai diajak makan siang, Alhamdulilah. Anam juga berharap, agar semua Polisi bisa mendekatkan diri dengan masyarakat. Karena pada dasarnya, masyarakat itu sangat membutuhkan kehadiran Polisi agar mereka merasa aman dan nyaman.

“Saya ngga nyangka diajak pak Polisi ngopi dan makan siang, apalagi diajak diskusi terkait situasi keamanan di sekitar terminal Bayuangga, semoga pak polisi tetap seperti ini, kalau semua pak polisi seperti ini, saya tidak takut lagi sama pak Polisi”. Ucap Anam.