Kamis, 12 April 2018

Antisipasi Miras Oplosan, Sat Sabhara Polresta Probolinggo Gelar Razia


Guna mengantisipasi tragedi tewasnya puluhan orang akibat pesta minuman keras (Miras) oplosan di Bandung Jawa Barat, Polresta Probolinggo melakukan razia miras di beberapa lokasi, Rabu (11/4/2018). Razia dilakukan untuk menekan peredaran miras berbahaya di daerah setempat.

Razia dilakukan di tiga titik berbeda di Kecamatan Mayangan. Hasilnya, petugas dari Satuan Sabhara menemukan puluhan botol miras tanpa ijin, serta arak jawa di tiga titik tersebut. Petugas lantas menyita minuman beralkokol itu untuk dibawa ke Mapolresta setepat.

Kasat Sabhara Polresta Probolinggo, AKP Hermawan Tjahyono menjelaskan, razia ini merupakan antisipasi bahaya miras, terutama miras oplosan, yang bisa membahayakan keselamatan. Dalam razia kali ini, pihaknya menerjunkan sebanyak 50 personel, yang dibagi dalam dua tim.

“Kami tak ingin ada jiwa yang melayang di Kota Probolinggo, akibat pengaruh miras. Oleh karenanya, kami razia penjual miras dan beruntung kita bisa amankan puluhan botol barang bukti,” ujar AKP Hermawan kepada wartawan.

Hermawan menegaskan, pihaknya akan memberikan tindakan tegas maupun sanksi terhadap penjual, jika masih membandel menjual miras dengan kadar alkohol diatas 40%. “Kami akan panggil pemilik sekaligus penjual miras untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas dia.

Dari razia di tiga titik itu, selain miras jenis arak oplosan, polisi juga menyita miras bermerk namun tanpa dilengkapi surat ijin, diantaranya merk Iceland dan Whiski. “Kami sita dulu sebabai barang bukti, setelah itu kami musnahkan,” tutup Hermawan.