Rabu, 04 April 2018

Bahas Penggunaan Tanah Pemakaman, Polsek Wonoasih dan Kelurahan Mediasi Warga

 
Polsek Wonoasih menjadi fasilitator dalam kegiatan diskusi penggunaan tanah kuburan dan pembentukan pengurus tanah kuburan di Kelurahan Jrebeng Wetan Kec. Wonoasih Kota Probolinggo. Hal ini berawal dari keinginan untuk mempersatukan persepsi warga perumahan dan warga kampung terkait penggunaan lahan kuburan dan tidak adanya kepengurusan yang jelas maka Kapolsek Wonoasih mengambil Inisiatif untuk menjadi mediator dalam kegiatan diskusi yang bertempat di kantor Kelurahan Jrebeng Wetan, Selasa pagi (03/04/18). Kegiatan tersebut dihadiri oleh kapolsek Wonoasih, Lurah Jrebeng Wetan, Toga H. Roziqin, Toga H. muslimin, Staf Kelurahan serta perwakilan warga masyarakat sebanyak 50 orang.

Kapolsek Wonoasih, Kompol H. Sukatno menjelaskan bahwa pihak kepolisian hanya ingin menjadi fasilitator dalam kegiatan mediasi ini. Kapolsek menambahkan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan mediasi ini adalah agar tercapai kesepahaman antara warga perumahan dan warga desa terkait dengan penggunaan lahan kuburan di Kel. Jrebeng Wetan, karena pada umumnya pihak developer perumahan tidak menyediakan fasum untuk lahan kuburan. Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan agar bisa terbentuk susunan pengurus yang jelas agar dalam melaksanakan pelayanan kepada warga, bisa segera dilakukan secara cepat dan tidak melalui proses yang rumit.

“Saya berharap bisa tercapai kesepakatan antar warga, agar tidak timbul gesekan – gesekan yang dapat mengakibatkan terganggunya situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Wonoasih”, ucap Kapolsek.

Di sisi lain, Lurah Jrebeng Wetan Marsin SH, mengungkapkan pihaknya sangat berterima kasih atas inisiatif Kapolsek menjadi mediator dalam kegiatan ini. Marsin juga berharap dengan tercapainya kesepahaman dalam kegiatan ini, semoga kedepan tidak terjadi gesekan – gesekan yang bisa menimbulkan perpecahan antar warga terkait dengan penggunaan lahan kuburan di kelurahan Jrebeng Lor.

“Ucapan terima kasih yang sebesar-besar nya atas kesediaan kapolsek menjadi mediator dalam kegiatan ini, kami berharap sinertgitas yang sudah terjalin selama ini bisa tetap terjaga terus”, kata pak Lurah.