Selasa, 24 April 2018

Canangkan Germas, Bhabinkamtibmas Ajak Masyarakat Berperilaku Sehat

Selasa pagi (24/4/18) Bhabinkamtibmas Polsek Tongas mengikuti kegiatan pertemuan Lintas Sektor Puskesmas Tongas Kecamatan Tongas di Balai Desa Wringinanom Kab.Probolinggo. Dalam kegiatan ini, juga turut hadir Dr Ria selaku Kepala Puskesmas Kec.Tongas, Serda Nurdin selaku Bhabinsa Desa Wringinanom, Safi'I selaku Kepala Desa Wringinanom serta Perangkat Desa dan tamu Undangan sejumlah 30 Orang.

Dalam kegiatan tersebut Dr. Ria menjelaskan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.  GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.

Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu:
1.       Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari,
2.       Mengonsumsi buah dan sayur; dan
3.       Memeriksakan kesehatan secara rutin.

“Bahwa masyarakat harus memulai pola hidup sehat dari kesadaran diri sendiri”, Ungkapnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Tongas Brigpol Anton S mengungkapkan bahwa Pencanangan “GERMAS” tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemauan hidup sehat serta memulai untuk menurunkan beban penyakit menular maupun tidak menular serta memberikan lingkungan yang baik sehingga mengalami perubahan perilaku yang lebih sehatBrigpol anton juga mengatakan bahwa Polri siap mendukung dan membantu apapun program yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat.

“Saya harap dengan mulai dicanangkannya kegiatan ini dapat menurunkan jumlah warga yang sakit khususnya di Desa Wringinanom. Tetap semangat karena kesehatan itu mahal harganya,” pungkas Bhabin