Kamis, 12 April 2018

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Dijadikan Ajang Kampanye Penggunaan Medsos yang Bijak


Bertempat di kantor Kesbanglinmas Kota Probolinggo, Rabu pagi, (11/04/18) Kasat Binmas Polresta Probolinggo berkesempatan menjadi salah satu narasumber dalam acara  Fasilitasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) bagi anggota FKDM kecamatan dan kelurahan se Kota Probolinggo. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Teguh S. selaku Kepala Kesbanglimas, Eko selaku Ketua FKDM, dan para undangan yang berjumlah sekitar 50 orang.

Dalam sambutannya, Akp Suharsono memberikan penjelasan tentang  undang undang ITE dan penerapanya. Kasat mengungkapkan, kepada semuanya agar dapatnya bisa memahami dan mengerti tentang sanksi hukum yang bisa dikenakan apabila seseorang melakukan hate speech / ujaran kebencian di media sosial. Selain hate speech, kasat Binmas juga menyampaikan tentang perlunya kewaspadaan tentang maraknya berita Hoax yang beredar di dunia maya.

Kasat Binmas menambahkan ada beberapa contoh yang telah di tangani polres Probolinggo Kota tentang seseorang warga Probolingo yang merubah dengan cara mengedit foto bukan pada tempatnya sehingga menyebabkan pencemaran nama baik maka hal tersebut telah di dilakukan proses hukum.

“Kita harus belajar menggunakan medsos secara bijak. Waspadai hoax dan ujaran kebencian”, Ucap kasat.

Teguh S., dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya kegiatan yg dilaksanakan pada hari ini sehubungan dengan pentingnya keamanan dan ketertiban di Kota probolinggo sebagai tanggung jawab kita selaku warga negara yang baik untuk ikut serta dalam menjaga dam memelihara keamanan yang kondusif terutama menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2018.

“Kehadiran Kasat Binmas hari ini harus bisa kita pedomani bersama, apa yang beliau sampaikan wajib kita pahami sebagai langkah antisipasi kita menghadapi maraknya isu hoax dan hate speech di Medsos”, Ucapnya.