Sabtu, 21 April 2018

Hari Kartini, Polwan Adu Cepat Bongkar Pasang Senapan SSV-2 Pindad


Mengenang jasa RA. Kartini, puluhan polisi wanita (Polwan) anggota Polresta Probolinggo adu ketangkasan, Sabtu (21/4/2018). Selain persamaan gender, lomba-lomba itu untuk juga untuk mengasah keahlian Polwan.

Halaman Mapolresta Probolinggo tiba-tiba riuh rendah dengan sorak sorai. Mereka menyemangati Polwan yang adu ketangkasan membongkar senjata laras panjang. Mereka harus membongkar dan memasang kembali senapan SSV-2 buatan PT. Pindad. Siapa yang cepat dan terampil akan menjadi pemenang dalam lomba ini. Pada adu bongkar senjata, Bripda Dian menjadi yang tercepat.

“Hanya berlatih sekali untuk belajar bongkar pasang senjata laras panjang itu. Yakni sehari sebelum pelaksanaan. Jadi tidak ada persiapan khusus. Masak mau kalah dengan lelaki. Kan kita harus mentauladani RA. Kartini yang telah membuka cakrawala bagi kaum perempuan,” kata Bripda Dian.

“Melalui lomba triatlhon ala Polwan Polresta Probolinggo ini, kami memperingati hari Kartini. Jadi polwan itu benar-benar wanita tangguh, pantang menyerah, tanpa melupakan identitas sebenarnya sebagai wanita, yang penuh kelembutan,” terang Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal.

Rangkaian peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April ini, sengaja dibuat meriah, dengan memperhatikan keterampilan dan keahlian yang harus dikuasai seorang polwan. Meliputi kekuatan, sebagai bukti bahwa polwan Polresta Probolinggo mampu menjaga kondusifitas wilayah.