Minggu, 08 April 2018

Saling Ejek Antar Tetangga, Bhabinkamtibmas Damaikan Keduanya


Babinkamtibmas Kademangan, Polresta Probolinggo, Brigpol Suherlianto,berhasil melaksanakan Problem solving dengan mendamaikan dua warga yang berseteru di Jl Cisadane, Kelurahan/Kecamatan Kademangan, kota setempat, Sabtu (7/4/2018).

Perdamaian itu bermula saat Brigpol Suherlianto mendapatkan laporan ada permasalahan di desanya. Laporan itu ditindak lanjuti dengan mendatangi wilayah binaannya. Setelah ditangani, kedua belah pihak dipertemukan.

Di sini, Babinkamtibmas mendapat keterangan yang berbeda, antara "Sp" sebagai pihak pertama, dan "Hf" sebagai pihak kedua. Pihak pertama menyatakan masalah santet yang di tuduhkan kepada pihak dua.

Sedangkan pihak dua menuduh pihak pertama selalu mengungkit-ungkit masalah hutang-piutang, yang selalu dibahas dan jadi ejekan sehari-hari.

Dari kedua keterangan yang berbeda itu, Babinkamtibmas yang didampingi ketua RT setempat, Kasim, menyimpulkan bahwa masalah tersebut karena salah paham.
"Kami buatkan surat pernyataan antara keduanya untuk saling memaafkan, dan tidak mengungkit masalah yang belum tentu kebenaraannya," kata Brigpol Herly.

Akhirnya, kedua belah pihak sepakat untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Dan disaksikan RT 4 RW 1, serta warga, kedua belah pihak pun mengakiri perseteruan tersebut dengan damai, tanpa ada keberatan hati satu sama lain