Kamis, 03 Mei 2018

Bhabin Temani Mahasiswa Praktikum Di Pantai Pesisir


Rabu siang, (02/05/18), rombongan mahasiswa Unibraw Malang kembali mendatangi desa Pesisir Kecamatan Sumberasih Kab. Probolinggo. Kegiatan hari ini merupakan yang ketiga kalinya atau yang terakhir. Tak beda dengan dua kegiatan sebelumnya, rombongan mahasiswa yang didampingi dosen Pratama Diffi Samuel S.Pi., M.Si dan asisten dosen Asthervina WP, S.Pi, MSC, akan melakukan praktikum mata kuliah biologi laut, dengan kegiatan indentifkasi organisme yg berada di wilayah pasang surut pantai dengan melakukan transcek di beberapa lokasi tepian pantai oleh 50 orang mahasiswa smester IV fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Brawijaya Malang.

Rombongan yang tiba  pukul 13.00 Wib disambut perangkat desa Pesisir Sdr. Haris S bersama Bhabinkamtibmas desa Pesisir Bripka Eko Arisandi, SH dan Sdr. Martono di mushala, sekaligus melaksanakan shalat dhuhur dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan ke lokasi pantai desa Pesisir.

Dengan suka ria meskipun matahari siang begitu terik, rombongan mahasiswa dan dosen dengan kendaraan milik kades Pesisir Sdr. Moch Rofii diantar menuju lokasi.
Diberikan kesempatan, Bripka Eko menyampaikan pesan diawal kegiatan, "terimakasih atas waktunya, adik-adik sekalian mohon maaf bila kehadiran saya ini membuat anda semua bertanya-tanya, kenapa ada polisi dikegiatan ini.
Jadi kehadiran kami ini adalah selaku Bhabinkamtibmas desa Pesisir ini untuk mendampingi kegiatan sekaligus memastikan kegiatan berjalan aman sehingga adik-adik sekalian bisa melaksanakan praktikum ini dengan lancar, juga mari kita jaga bersama-sama kebersihan di lokasi ini, karena bagaimanapun juga kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama”,  Demikian pesan kamtibmas disampaikan Bripka Eko sekaligus menjawab pertanyaan tak terucap para mahasiswa melihat kehadiran polisi.

Bila sebelumnya kegiatan dilakukan di barat sungai sepaser, kali ini dosen pembimbing ingin mencoba dilakukan di sisi timur sungai sepaser. Meskipun harus menyeberang sungai dangkal, ternyata air masih setinggi pinggang orang dewasa. Maka satu persatu dengan dibantu Bhabinkamtibmas, Pak Martono dan Sdr. Haris, menyeberang ke sisi timur.

"Wah ternyata seru pak, harus menyeberang, biar basah-basahan, anak-anak tetap semangat". Celetuk Bu Vina disela-sela riuh rendah keseruan mahasiswa yang susah payah harus berjuang sampai seberang, melaksanakan perintah tugas kuliah, praktek.

Tepat pukul 16.30 Wib kegiatan usai. Dan diakhir kegiatan baik Bu Vina maupun pak Diffi serta mahasiswa mengucapkan terimakasih atas dukungan kegiatan yang telah diberikan baik oleh Bhabinkamtibmas, perangkat desa dan pak Martono.
Dilain pihak, "kami juga banyak berterimakasih atas keikutsertaan dalam kegiatan ini, mohon maaf bila selama kegiatan ada kekurangan dan semoga silaturahmi tidak terputus seiring selesainya semua kegiatan, selamat jalan semoga selamat sampai tujuan", tutup Bripka Eko.