Kamis, 31 Mei 2018

Tas Mencurigakan di Masjid Diamankan Tim Gegana Brimob



Sebuah kardus mencurigakan di teras depan Masjid Al-Qubro, Kademangan, Kota Probolinggo, Kamis (31/05/18). Menurut informasi yang didapat, sekira pukul 03.30 saat akan melaksanakan sholat subuh, Serda (purn) Sutaram dan Sujono (takmir Masjid Al-Qubro) menemukan kardus di teras depan masjid Al-Qubro. Karena merasa curiga, langsung saja warga melaporkan ke Polsek Kademangan supaya memeriksan kardus tersebut.

Sebelumnya jamaah masjid sempat geger. Beberapa diantaranya menduga-duga jika dalam kardus berisi bayi dan bahkan muncul ketakutan ketika sejumlah jamaah lainnya, kardus berisi bom atau bahan berbahaya lain.

Lalu, Sutaram menghimbau jamaah untuk tidak memegang dan mendekat ke kardus, karena khawatir dapat membahayakan jiwa.

Beberapa saat kemudian, petugas dipimpin Kompol M.Toyib Subur, Kapolsek Kademangan memeriksa bungkusan kardus menggunakan Metal Detector.

“Saat pengecekan menggunakan metal detector super scanner berbunyi. Dengan bunyinya super scanner tersebut diartikan bungkusan kardus tersebut mengadung logam sehingga dicurigai sebagai bom,” jelas seorang sumber.

Sekitar pukul 11.00 Wib, Tim Gegana dari Mako Brimob datang menuju TKP.  Tim penjinak bom dari Gegana langsung melakukan pengamanan. Warga di sekitar areal masjid diminta untuk lebih menjauh dari lokasi.

Seorang personel maju mendekati kardus tersebut. Personel tersebut mengenakan pakaian Explosive Ordnance Disposal (EOD). Dengan pakaian itu, personel tersebut mulai mendekat untuk melihat dan meneliti apa yang ada di dalam kardus mineral itu.

Sementara personel lain terus memonitor pergerakan rekannya dari tempat cukup jauh. Upaya gegana menangani kardus mencurigakan itu membuat Jalan Brantas, Kecamatan Kademangan mengalami kemacetan karena banyaknya warga bergerombol. Petugas Satlantas Polres Probolinggo Kota sibuk mengatur arus lalu lintas.

Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal mengungkapkan, barang mencurigakan tersebut sudah diamankan oleh tim Gegana dari Brimob.

“Kami harap warga tetap tenang dan jangan mudah mempercayai berita yang belum tentu kebenarannya. Saat ini barang tersebut sudah diamankan dan akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Serahkan semuanya kepada pihak kepolisian”, jelasnya.

Tak lama berselang, sebuah tas mencurigakan kembali ditemukan di Jl. Gus Dur Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Tim Gegana beserta Jajaran Polresta Probolinggo langsung menuju ke TKP. Setelah sampai di TKP, tas mencurigakan tersebut juga diamankan oleh tim Gegana dari Brimob.