Kamis, 14 Juni 2018

Antisipasi Kepadatan Arus, Kasat Lantas Siapkan Rekayasa Arus Lalin


Semakin dekatnya momen hari raya Idul Fitri, menyebabkan arus lalin kendaraan menjadi padat, terutama arus yang melewati wilayah Hukum Polresta Probolinggo. Kondisi tersebut menjadi perhatian utama dari jajaran Sat Lantas Polresta Probolinggo.

Sebagai langkah antisipasi, Sat Lantas Polresta Probolinggo sudah menyiapkan beberapa rekayasa arus lalin di beberapa titik yang ada di wilayah hukum Polresta guna dengan harapan tidak terjadi kemacetan pada arus mudik di wilayah Kota Probolinggo.

Kasat Lantas Polresta Probolinggo, AKP Alpogohan mengungkapkan ada sejumlah rekayasa arus lalin yang selama ini sudah berlangsung. Meliputi kendaraan yang hendak melintas ke tengah kota, diarahkan untuk melewati jalur lingkar selatan dan jalur lingkar utara sehingga tidak terjadi kepadatan arus lalin di tengah kota Probolinggo.

“Bagi kendaraan yang hendak ke Lumajang dan Jember yang dari arah Surabaya, di simpang tiga Ketapang bisa belok kanan memasuki Jalan raya Bromo. Sampai simpang empat Laweyan, belok kiri masuk Jalan Prof. Hamka. Sedangkan yang menuju ke Situbondo dan Banyuwangi, dari simpang empat Pilang, diarahkan ke kiri masuk ke Jalan Anggrek”, Ucap Kasat.

Kasat mengatakan, ada sejumlah titik rawan macet yang ada di Kota Probolinggo ini. Salah satunya, di jalan Panglima Sudirman depan Pasar Baru kota Probolinggo. Sebab, lahan parkir di depan pasar ini sangat sempit. Belum lagi banyaknya kendaraan yang keluar masuk area parkir. Karena itu, jika memang situasi di depan Pasar baru tidak bisa disaring, kendaraan yang melintas akan dialihkan ke kiri di simpang empat Brak.

“Kendaraan yang dari arah barat ( Surabaya ) akan dilewatkan jalan Panjaitan, tepat di simpang empat Brak”, Ucap Kasat.