Kamis, 14 Juni 2018

Himbau Warga Tidak Takbir Keliling, Kapolres : Lebih Baik Takbir di Lingkungan Sendiri


Jajaran Polresta Probolinggo memberikan himbauan kepada para warga Kota Probolinggo untuk tidak melaksanakan takbir keliling pada saat malam lebaran,Kamis,(14/06/18). Polres Probolinggo kota berharap warga yang akan merayakan malam takbiran pada malam ini, akan melakukan takbiran di masjid – masjid yang ada di sekitarnya.

Kapolresta Probolinggo AKPB Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum menyampaikan harapannya agar warga melaksanakan kegiatan takbiran di masing – masing masjid yang ada di sekitar lingkungannya. Kapolres juga mengungkapkan tujuan pelaksanaan takbiran di masjid akan lebih aman dan nyaman untuk warga yang ingin merayakan hari kemenangan pada tahun ini. Selain itu, kondisi lalu lintas yang memang sedang padat, tidak terganggu dengan adanya pawai takbir keliling.

Namun, AKBP Alfian mengatakan Polresta tidak bisa serta merta melarang masyarakat. Jika memang akan melaksanakan takbir keliling, Kapolresta berharap masyarakat menggunakan atribut lengkap kendaraan dan tidak menggunakan kendaraan dengan bak terbuka.

“Imbauan ini tidak memaksa. Jika ingin pawai, ya tidak apa-apa, asalkan tertib. Namun, usahakan tidak menggunakan pikap dan semacamnya. Sebab, pikap dan sejenisnya kan untuk muat barang,” jelasnya.

Jika ditemukan pelanggaran, menurutnya, Satlantas akan melakukan langkah persuasif. Namun, jika upaya ini tidak membuahkan hasil, pihaknya tidak akan segan-segan melakukan tindakan penilangan.

“Kami juga menyiapkan personel di setiap jalan menuju perkotaan. Takbir keliling akan kami arahkan lewat jalan lain agar tidak menimbulkan kemacetan,” jelas Kapolres.