Kamis, 14 Juni 2018

Ingatkan Para Pemudik, Kasat : Jangan Membawa Barang Yang Melebihi Kapasitas


Momen hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang selalu dinantikan pada tiap tahun bagi umat muslim yang ada di seluruh dunia. Tak heran, demi bisa berkumpul dengan sanak saudara yang ada di kampong halaman, para pemudik rela menempuh jarak berkilo – kilo meter hanya untuk bisa merayakan momen lebaran bersama dengan keluarga di kampung halaman.

Selama momen mudik ini, Jajaran Polresta Probolinggo selalu menghimbau kepada para pemudik yang hendak melaksanakan mudik agar selalu mengutamakan keselematan pada saat berkendara. Karena, ada sanak saudara yang menunggu mereka di kampung halaman.

Kasat Lantas Polresta Probolinggo AKP Alpogohan mengungkapkan, pemudik harus memenuhi semua alat kelengkapan pada saat berkendara demi menjaga keselamatan pada saat bermudik. Helm, kelengkapan surat – surat, membawa barang bawaan secukupnya dan jangan membawa orang melebihi kapasitas kendaraan, merupakan contoh untuk para pemudik agar bisa selamat sampai pada tujuan. Kasat juga mengungkapkan, terutama bagi para pengendara roda dua, para pemudik harus benar – benar mematuhi aturan dalam berlalu lintas. Terutama dalam hal membawa barang.

Sesuai undang – undang lalu – lintas, barang bawaan roda dua maksimal lebar sama dengan ukuran setir kendaraan. Sedangkan tinggi tidak melebihi 0,9 meter dari jok kendaraan.

“Untuk pembawaan barang sudah diatur sesuai dengan UU lalu – lintas,tidak boleh melebihi lebar setir dan tinggi 0,9 meter dari jok kendaraan”, Ucap Kasat.

Bila para pemudik melakukan pelanggaran, jajaran Polresta akan memberikan teguran simpatik kepada para pemudik. Namun, apabila pelanggaran yang dilakukan pemudik dirasa sangat berlebihan, Jajaran Polresta juga tidak segan untuk melakukan penindakan demi keselamatan para pemudik di jalan.

“Jika masih melanggar, resiko tentunya bisa menyebabkan kecelakaan, bahkan, dalam keadaan terburuk, bisa menyebabkan kematian. Mari sama – sama kita menjaga keselamatan dalam berkendara. Karena ada keluarga yang menunggu di kampung halaman”, Ucap Kasat.