Minggu, 08 Juli 2018

Antisipasi Balap Liar, Bhabinkamtibmas Patroli Tol Pas - Prob


Mengantisipasi penyalahgunaan fasilitas jalan tol yang belum beroperasi di wilayah desa Muneng Kidul Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo, Bhabinkamtibmas desa Muneng Kidul Brigpol Deddy Dian melakukan pegecekan ke lokasi yang menurut informasi pihak pelaksana proyek PT. Waskita karya (persero) tbk di lokasi pembangunan jalan tol tersebut disinyalir digunakan sebagai ajang balap liar.

"Kebetulan malam ini bertepatan dengan saya dinas malam, juga menindak lanjuti informasi dari warga serta pihak PT. Waskita karya (persero) tbk sendiri, dimana di ruas tol yang belum 100% jadi ini pernah digunakan trek-trekan sepeda motor. Untuk mencegah dan menghindari terulangnya trek-trekan tadi maka kami selaku Bhabinkamtibmas melakukan cek ke lokasi dulu serta mendata dan membina bilamana ada pemuda atau siapa saja yang berada di proyek tol tersebut. Kami dari kepolisian tidak menginginkan ada kegiatan "legal" yang membahayakan baik bagi pelaksana proyek maupun warga yang berada di lokasi terebut". Ujar Brigpol Deddy.

Sebelumnya, pihak PT. Waskita karya (persero) tbk melalui menejer proyek Sdr. Didik Sapto Hadiwasono, ST., melayangkan surat berisi tentang koordinasi dan kerjasama untuk mengantisipasi adanya balap liar di proyek jalan tol wilayah Kecamatan Sumberasih. Dan menidaklanjuti surat tersebut, Polsek Sumberasih melalui Bhabinkamtibmas desa Muneng kidul berkoordinasi dengan PT. Waskita Karya (persero) tbk tentang langkah yang akan dilakukan untuk mengantisipasi adanya balap liar.

Ditemui dikantornya, Menejer proyek Sdr. Didik melalui asisten pelaksana Sdr. Eko mengatakan, "memang benar mas, jadi beberapa hari lalu ada informasi bila di ruas tol wilayah desa Muneng kidul digunakan balap liar oleh warga yang tidak saya kenal. Sehingga untuk antisipasi terjadinya lagi, kami mengajak dan berkoordinasi dengan Polsek Sumberasih. Dengan pak Deddy selaku pihak polsek ini juga saling beri informasi bilamana ada balap liar, sehingga dengan informasi yang segera, permasalahan bisa cepat diatasi. Selain itu kami juga berencana memberi pembatas beton pada ruas jalan sehingga tidak bisa digunakan trek-trekan lagi. Segala upaya akan kami lakukan demi keamanan warga dan pelaksanaan proyek itu sendiri".

Merespon permintaan PT. Waskita Karya (persero) tbk Polsek Sumberasih sendiri menerjunkan Bhabinkamtibmas nya terlebih dahulu untuk cek dan pantau lokasi. Bilamana didapati balap liar sebagaimana informasi tersebut, Polsek Sumberasih akan menurunkan personel yang lebih banyak demi terciptanya keamanan dan ketertiban di lokasi proyek pembangunan jalan tol terutama di wilayah kecamatan Sumberasih.

Pada pengecekan kali ini didapati sekelompok pemuda yang sedang "nongkrong" di proyek tol, tampak oleh Brigpol Deddy ditanya satu persatu serta dilakukan pemeriksaan barang bawaan. Sebelum meninggalkan lokasi, oleh petugas, para pemuda tersebut dihimbau untuk tidak trek-trekan atau melakukan pelanggaran serta tindak pidana apapun. Dipersilakan meninggalkan lokasi karena tidak ditemukan barang bawaan yang berbahaya.

Balap motor adalah salah satu olah raga yang digemari masyarakat, tidak pandang tua atau muda. Tapi bila dilakukan bukan pada tempatnya, itu akan sangat berbahaya. Silakan salurkan bakat anda, tapi tetap taati peraturan yang ada.