Selasa, 10 Juli 2018

Dengar Warganya Meninggal, Bhabinkamtibmas Langsung Datang Melayat


Sambang desa adalah kegiatan sehari-hari Bhabinkamtibmas di desa binaan masing-masing.  Begitu juga yang dilakukan oleh Bripka Eko selaku Bhabinkamtibmas desa Pesisir Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Senin siang, (9/07/18), bersama Babinsa dari Koramil 06 Sumberasih Serda Abdullah mereka berada di kantor Desa Pesisir untuk berkoordinasi dengan Kepala Desa Sdr. Moch. Rofi'i membahas kamtibmas di desa setempat.

Beberapa saat kemudian menerima berita dimana ada seorang warga yang meninggal dunia. Tidak menunggu informasi dua kali, bersama Kades serta perangkat desa, kedua aparat negara tersebut segera bergegas turut melayat kerumah duka tepatnya di RT 1 RW 1 dusun Mawar.

Desa Pesisir yang terbelah jalan raya pantura tersebut, tepatnya sisi selatan dan siai utara, termasuk wilayah jalur padat lalu lintas. Ketika wartawan Tribata news juga turut rombongan Kades yang melayat tersebut, rumah duka terletak di utara jalan raya sedangkan untuk menuju ke pemakaman, dari masjid tempat jenazah dishalatkan menuju pemakaman, melintasi jalur pantura tersebut. Sehingga perlu pengamanan jalur lalu-lintas  ketika jenazah menuju pemakaman. Tampak pula Bripka Eko membantu perlambat kendaraan yang sedang perpapasan dengan iring-iringan pelayat serta jenazah menuju pemakaman.

"Tadi kami sedang di kantor Desa mas dan ada berita duka dari warga, sehingga kami turut melayat bersama Babinsa, Kades beserta perangkat desa nya. Lokasi pemakaman di sisi utara jalur lalu-lintas yang padat sehingga kami juga bantu warga mengatur lalu lintasnya. Dikatakan Bripa Eko usai acara pemakaman.

Tampak pula keakraban dengan warga petakziah baik dengan Bhabinkamtibmas maupun Babinsa yang turut melayat saat itu. Demi kedekatan polisi dengan masyarakat, sisi kemanusian harus dikedepankan