Senin, 09 Juli 2018

Dukung Program "ORI", Bhabinkamtibmas Dampingi Kegiatan Posyandu


Bhabinkamtibmas Brigpol Deddy Dian, Senin pagi, (09/07/18) bersama dengan bidan desa Munengkidul Nurul Imania, Amd. Keb,melaksanakan kegiatan program imunisasi difteri yang bertempat di balai desa Muneng Kidul Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Terdengar riuh tangis balita baik yang hendak maupun yang sudah disuntik oleh bidan dan perawat desa. Tampak pula para ibu balita sibuk menenangkan bayi mereka supaya berhenti menangis.

Kegiatan ini adalah ORI (outbreak Respons Imunitation) difteri tahap 2 dimana kegiatan tahap pertama telah dilaksanakan pada bulan Maret yang lalu. "Perlu kami sampaikan pak, bahwa kegiatan kali ini adalah tahap 2 dimana sebelumnya telah kami laksanakan di setiap desa khususnya di wilayah kecamatan Sumberasih, begitu juga di desa Muneng kidul ini. Imunisasi difteri ini sendiri bertujuan untuk mencegah penyakit difteri dan imunisasinya bagi orang berusia baru lahir sampai dengan 19 tahun". Ujar bidan Nurul kepada wartawan Tribrata news di lokasi imunisasi.

Ditengah-tegah kegiatan yang berlangsung, terlihat Bhabinkamtibmas Brigpol Deddy turut membantu. "Kehadiran kami ini bukan sebagai tenaga kesehatan yang turut melakukan suntik mas. Jadi sebagaimana program Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo yaitu Gemasiba (Gerakan Bersama Sehatkan Ibu dan Anak), baik kepolisian melalui Bhabinkamtibmas dan Kodim 0820 Probolinggo melaliui Babinsa nya diterjunkan untuk mendukung setiap kegiatan kesehatan masyarakat termasuk posyandu dan pemberian imunisasi ORI difteri ini. Bila ada warga yang masih keberatan untuk dilakukan suntik karena takut anaknya menjadi sakit, maka kami baik bidan dan Babinsa turut memberikan dorongan dan pemahanan pentingnya imunisasi ini". Demikian dijelaskan Brigpol Deddy tentang keberadannya di imunisasi ORI (outbreak Respons Imunitation) difteridifteri ini.

Pada kegiatan ini untuk desa Munengkidul tingkat antusiasme warga sangat baik, dan bila yang telah terdaftar dan belum bisa hadir akan didatangi kerumah warga masing-masing. Mungkin karena dengan alasan masih sakit atau mungkin masih kerja. "Nanti untuk yang belum terimunisasi akan kami datangi, tapi menunggu selesai pada tiap dusun dulu karena imunisasi ini kami lakukan di tiap dusun. Kami ucapkan terimaksih juga untuk pak Deddy dan Babinsanya pak Agus yang juga turut membantu kegiatan ini". Pungkas bidan Nurul.