Kamis, 12 Juli 2018

Jadi Narasumber, Kanit Bintibmas Tekankan Pentingnya Peran Masyarakat Untuk Cegah Paham Radikal



Rabu malam, (12/07/18) Sat Binmas Polresta Probolinggo kembali mendapatkan undangan dari LPM untuk menjadi Narasumber giat Binluh   yang kali ini bertemakan “Bahaya Faham Radikalisme Dan Terorisme Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara”, kepada tokoh masyakat, tokoh agama dan masyarakat se- Kel. Kebonsari kulon. Kegiatan yang berlangsung di Aula Kel. Kebonsari Kulon tersebut dihadiri oleh Camat Kanigaran Bpk. Budi, Ketua LPM Bpk. Jaka, Lurah Kebonsari Wetan Bpk. Gatot, Ps Kanit Bintibmas Aiptu Gatot, Babinsa/Bhabinkamtibmas kebonsari kulon, Rt dan Rw se - Kel. Kebonsari kulon beserta masyarakat kurang lebih 40 sampai 60 orang.

Kanit Bintibmas Polresta Probolinggo, Aiptu Gatot Ari Suseno dalam kesempatan ini mengungkapkan tentang betapa pentingnya kepedulian masyarakat terhadap situasi sekitar lingkungannya untuk mencegah paham radikalisme masuk dan berkembang di sekita kita. Kanit Bintibmas juga menyampaikan agar apabila warga masyarakat mendapati seseorang yang mencurigakan dan jarang sekali bersosialisasi dengan warga sekitar, bisa secara langsung melaporkan kepada bhabimkamtibmas atau polsek setempat.

“Tanpa bantuan dari warga, tentunya pihak kepolisian juga akan kesulitan untuk mendeteksi adanya paham radikalisma di sekitar kita. Oleh karena itu, kami berharap, mari bersama – sama peduli tentang lingkungan sekitar kita agar apabila ada hal yang mencurigakan, bisa langsung ditindaklanjuti”, Ucap Kanit

Lurah Kebonsari Kulon, Gatot menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi paham radikal bukan hanya tanggung jawab dari pihak kepolisian saja, melainkan merupakan tanggung jawab semua warga masyarakat. Lurah juga mengajak warganya untuk saling bahu – membahu untuk secara bersama – sama mencegah paham radikal agar tidak masuk dan berkembang di wilayah setempat.

“Jika ada warga yang jarang keluar rumah dan terlihat mencurigakan, langsung saja bisa dilaporkan kepada kami. Akan kami tindak lanjuti dengan mengajak [ihak yang berwajib untuk melaksanakan pengecekan”, Ucap Lurah.