Jumat, 27 Juli 2018

Jelang HUT Kemerdekaan, Polisi Persiapkan Siswa Untuk Menjadi Paskibra


Hanya tinggal menghitung hari Peringatan Hari besar Nasional yaitu Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 pada 17 Agustus 2018 akan segera tiba. Segala bentuk kegiatan mengenai perayaan tersebut satu persatu telah dipersiapakan oleh Muspika Kecamatan Sumberasih dan salah satunya adalah Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih yang dipersiapkan untul upacara peringatan hari Proklamasi tersebut. Bertempat di lapangan Muneng Kecamatan Sumberadih Kabupaten Probolinggo, tampak dengan penuh semangat para siswa SLTA dilatih oleh tim terpadu yaitu dari Polsek Sumberasih,  Koramil 06 Sumberasih, dan juga anggota Satpol PP.

Menurut Bripka Ilham, pelatih dari Polsek Sumberasih, pasukan yang sudah dilatih saat ini telah melalui seleksi dari beberapa siswa SLTA yang ada di wilayah Kecamatan Sumberasih. "Jadi yang saat ini kami latih bersama tim terpadu ini sudah melalui tahap seleksi dari beberapa siswa lainnya. Karena bagaimanapun juga kami tidak bisa langsung menunjuk sesuai kebutuhan melihat begitu banyaknya potensi dari tiap sekolah. Mereka semangat, mereka juga bersaing ingin mendapatkan kesempatan ini. Dan kami juga melihat yang sudah terpilih ini mereka tampak begitu semangat dan berlatih sungguh-sungguh". Tutur Bripka Ilham disela waktu istirahat latihan.

Dilain pihak, siswa berasal dari SMK 1 Sumberasih juga merasa bersyukur kali ini diberi kelercayaan dan kesempatan oleh pelatih untuk turut berpartisipasi menjadi pasukan pengibar bendera. Kesempatan yang baik ini akan dipergunakan semaksimalnya. Menurutnya kesempatan seperti ini sangat terbatas dan tidak asal siswa dipilih. Selain itu, pengalaman menjadi pasukan pengibar bendera adalah sebuah kebanggaan, menambah disiplin, juga bisa untuk persiapan bila nanti ingin menjadi Polisi. Karena telah tertanam disiplin tersebut, ada bekal yang telah didapat untuk menunjang cita-cita.

Cuaca panas berangin siang ini ternyata tidak mengendurkan semangat baik pelatih maupun pasukan yang sedan latihan. Mereka terlihat serius dan semangat berlatih. Kegiatan yang berakhir jam 10.30 Wib ini ditutup pesan-pesan dari pelatih, "bahwa latihan bukan hanya saat jam latihan ini saja. Kalian dirumah bisa berlatih sendiri sehingga mempermudah gerakan-gerakan tambahan berikutnya". Disampaikan Peltu Budi yang dijawab "siap" oleh para siswa latihan.