Rabu, 25 Juli 2018

Kasat Binmas Jadi Narasumber Dalam Kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan


Rabu siang,(25/07/18 ) Sat Binmas Polresta Probolinggo mendapatkan kehormatan untuk menjadi Narasumber dalam kegiatan Fasilitasi Forum Pembauran Kebangsaan tahun 2018. Dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas Polresta Probolinggo AKP Suharsono sendiri yang turun untuk menyajikan materi tentang Pembauran Kebangsaan sebagai antisipasi Potensi terjadinya konflik dan gangguan kamtibmas di masyarakat. Kegiatan yang berlangsung di Ruang pertemuan Kantor Bakesbang pol , jl.Mawar 39A Kota Probolinggo ini dihadiri oleh ketua PP Muhammadiyah kota Probolinggo , Dr, Nur Hasan , Kepala Bakesbang pol , wakil ketua FKUB ,  perwakilan etnis Jawa, Madura,  Cina , Arab , Tengger dan  Sasak, yang ada di Kota Probolinggo.

Kasat Binmas menjelaskan bahwa dilingkungan sekitar kita, banyak terdapat budaya, agama, keyakinan ataupun kehidupan sosial yang berbeda dari yang kita miliki. Namun, jangan membuat perbedaan ini sebagai faktor yang dapat menyebabkan perpecahan, sebaliknya, sesuai dengan semboyan negara Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika, berbeda – beda tapi tetap satu, jadikan perbedaan ini sebagai unsur untuk memperkuat persatuan dan kesatuan diantara para warga yang ada di Kota Probolinggo pada khususnya dan di negara Indonesia pada umumnya.

Kasat juga mengungkapkan, persatuan dan kesatuan sangat dibutuhkan oleh bangsa kita untuk melawan paham radikal dan terorisme yang bertujuan untuk memecah belah persatuan dan kesatuan yang ada di negara Indonesia ini.

“Mari secara bersama – sama, jangan melihat perbedaan sebagai alasan untuk kita tidak saling menghormati antara warga yang satu dengan warga yang lain. Justru perbedaan inilah yang bisa memperkuat keanekaragaman negara kita yang bisa menjadi faktor untuk lebih memperkuat persatuan dan kesatu bangsa Indonesia”, Ucap Kasat.

“Kita harus bersatu untuk melawan paham radikalisme yang akhir – akhir ini sedang marak di sekitar kita. Jangan biarkan paham radikal memecah persatuan dan kesatuan bangsa yang selama ini sudah terjalin dengan kuat di negara kita”, Kata Kasat.