Rabu, 25 Juli 2018

Peduli Generasi Muda, Kapolsek Turun Ke Sekolah - Sekolah


Selain manajemen kepemimpinan, seorang Kapolsek idealnya juga mampu memberi contoh pada anggotanya untuk bisa memberikan penyuluhan kepada masyarakat baik itu tentang keamanan dan ketertiban masyarakat maupun tentang pentingnya pengetahuan tentang penanggulangan kenakalan remaja.

Adalah Kapolsek Sumberasih AKP Wahyudi,. SH., M.Hum., atas undangan pihak SMPN 1 Sumberasih melalui kepala sekolahnya Drs. Sugeng S.Pd., menyampaikan penyuluhan tentang himbauan menjauhi narkoba dan tertib ber lalu - lintas. Kegiatan yang diadakan di aula terbuka SMPN 1 Sumberasih tersebut diikuti oleh semua siswa baru kelas VII baik putra maupun putri sejumlah 125 siswa. Duduk rapi berbaris, semua siswa dengan seksama mendengarkan penjelasan Kapolsek Sumberasih.

Terdengar potongan kalimat himbauan oleh Kapolsek, "adik-adik sekalian, kami tahu setidaknya adik-adik sedikit banyak sudah paham tentang perilaku tertib berlalu-lintas. Maka mari sejak dini kita belajar supaya lebih memahi peraturan berlalu-lintas sebagaimana tertuang dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan. Jangan dianggap perilaku kita di jalan raya hanya menentukan keselamatan kita sendiri, melainkan perilaku kita juga akan berpengaruh kepada pengguna jalan lain. Dan terutama untuk kalian yang masih dibawah 17 tahun, tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor. Sampaikan juga pada orang tua dan mari kita ajak untuk rertib berlalu-lintas". Demikian potongan penyuluhan oleh Kapolsek yan dijawab "siap kami mengerti" dari para siswa.

Kapolsek juga menjelaskan kepada para siswa tentang betapa bahayanya narkoba terhadap kehidupan para generasi muda yang ada di Indonesia. Kapolsek mengatakan, bahwa narkoba bisa merusak masa depan para generasi muda. Narkoba juga bisa membuat generasi muda untuk cenderung melakukan hal – hal yang dapat menyebabkan tersangkut dengan masalah pidana. Maka dari itu, Kapolsek menghimbau kepada para seluruh siswa SMPN 1 Sumberasih untuk benar – benar menjauhi dan menghindari narkoba karena dapat merusak segala sesuatu yang ada di dalam kehidupan para siswa.

Dilain pihak, kepala SMPN 1 Sumberasih yang ditemui di ruanganngya mengatakan, "menyaksikan perkembangan anak-anak jaman sekarang yang pergaulannya semakin luas, maka kami perlu bantuan pihak Kepolisian untuk turut membantu memberikan penyuluhan seperti ini. Bagaimanapun juga sedikit banyak tentu bisa menjadi bekal pengetahuan untuk anak-anak untuk sehari-harinya. Demikian ungkap Drs. Sugeng S.Pd., kepada wartawan Tribrata news.

Kegiatan yang berlangsung 2 jam ini terlihat begitu meriah oleh tawa dengan selingan candaan kapolsek. Diujung menyampaikan materi, Kapolsek juga berpesan, berprestasilah tanpa narkoba karena cita-cita terbentang luas di depan mata.