Rabu, 04 Juli 2018

Penyerahan KKS Dihadiri Ratusan Warga, Polisi Dan TNI Lakukan Pengamanan


Pada saat rangkaian pilkada khususnya Kota Probolinggo belum benar-benar selesai, anggota kepolisian dari Polres Probolinggo Kota harus berbagi personil dalam melaksanakan pelayanan berupa pengamanan terhadap kegiatan masyarakat. Bertempat di balai desa Ambulu Kecamatan Sumberasih, Kapolres Probolinggo Kota AKBP ALFIAN NURRIZAL, S.H, S.IK., M.Hum., memerintahkan personel dari Polsek Sumberasih untuk melaksanakan pengamanan penyerahan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) kepada para penerima yang berasal dari desa Ambulu, desa Banjarsari dan desa Sumberbendo, rabu (04/07/18). Adalah program pemerintah melalui Dinas Sosial, menyalurkan bantuan untuk keluarga kurang mampu berupa kartu yang nantinya bisa digunakan dengan cara gesek di toko sembako (beras) yang telah ditunjuka oleh Dinas Sosial.

Aiptu Datok Purwanto, SH, selaku pengendali pengamanan mengatakan,"kegiatan seperti ini (pembagian kartu KKS) memang memerlukan kehadiran petugas, mulai dari keamanan para penerima KKS yang rata-rata sudah tua, keamanan petugas penyalur kartu (dari BNI46) dan juga banyak sepeda motor parkir tanpa petugas jaga parkir. Dengan banyaknya penerima terutama yang lanjut usia ini perlu diperhatikan, kami harus menjaga ketertibannya jangan sampai ketika mengantri, ibu-ibu ini terjatuh saat bedesak-desakan. Karena keamanan dan keselamatan mereka ini harus diutamakan". Ujar Aiptu Datok disela-sela melaksanakan pengamanan.

Disampaikan pendamping Dinas Sosial yang bertugas,pembagian ini sebenarnya bisa dilaksanakan sekali dan dipusatkan satu lokasi. Karena begitu banyaknya penerima sehingga harus dibagi beberapa tempat untuk mengurangi menumpuknya antrian dan demi keselamatan penerima. Dan untuk hari ini disalurkan untuk 3 desa sedangkan untuk besok (5/7/2018) akan dilaksanakan di kantor kecamatan Sumberasih untuk 4 desa. Dinas Sosiaal juga melibatkan serta koordinasi dengan kepolisian dimana kali ini Polsek sumberasih menerjunkan beberapa personelnya dan juga dari Koramil Sumberasih juga turut membantu pengamanan.

Dari tiga desa penerima tersebut tercatat dari desa Ambulu sebanyak 256 orang penerima, desa Banjarsari sebanyak 619 orang penerima, dan dari desa Sumberbendo sebanyak 368 orang penerima. Tampak petugas dari Polsek Sumberasih dan Koramil Sumberasih mengatur penerima setiap desa bergantian dan diatur mengantri sehingga tampak tertib dan tidak berdesak-desakan. Setiap program pemerintah demi kesejahteraan masyarakat Polri mendukung dan salah satunya dengan memberikan pelayanan berupa pengamanan pelaksanaan kegiatan.