Senin, 09 Juli 2018

Peringati HUT Bhayangkara Ke 72, Sampaikan Pesan Moral Lewat Lukis Helm


Puluhan bikers dan pelajar memadati aula serba guna Polres Probolinggo Kota, Senin (9/7/18). Mereka membawa peralatan melukis seperti cat, kuas, spidol serta pylox. Semuanya bersemangat untuk mengikuti lomba lukis helm yang diadakan oleh Satlantas Polresta Probolinggo sebagai rangkaian acara peringatan HUT Bhayangkara ke-72.  Masing-masing peserta memiliki kreatifitas dalam menorehkan kuasnya sesuai tema “Helm Untuk Keselamatan” dalam kegiatan yang dilaksanakan di gedung Serbaguna Polresta Probolinggo ini. 

Kasatlantas AKP Alpogohan mengapresiasi para peserta yang menyampaikan pesan moral melalui lukisannya. “Penggunaan helm seringkali disepelekan. Dari hasil evaluasi kecelakaan lalu lintas, pengendaratanpa pelindung kepala seringkalimemgalami cedera yang parah. Semoga pesan moral tentang helm sebagai alat keselamatan bagi pengendara bisa tersampaikan,” imbuhnya.

Alpogohan juga menambahkan jika helm yang pihaknya sediakan juga dapat dibawa pulang oleh peserta. Sementara bagi pemenang harus dipakai saat penyerahan hadiah.

Para dewan juri menilai jika peserta cukup antusias menorehkan kreasinya. Diantaranya, Joko Dwi Prastowo menuturkan banyak cara untuk melukis helm. Namun secara teknis tidak menjadi ketentuan dalam penilaian. Mereka bebas berekspresi sesuai tema yang ditentukan.

 “Pemenang pertama dipilih karena pesan moralnya bagus, serta kreasi cat minyaknya juga rapi. Sedangkan pemenang kedua cenderung pada gambar yang berkonsep. Pemenang ketiga cenderung pada letter yang indah, dan pesannya singkat, “ jelas Joko pasca pengumuman pemenang.

Adapun pemenangnya juara 1, Bayu Asmawi,juara 2 Yogi Baskoro dan juara 3 Faisal Ramli. Yang menarik pemenang juara kedua tergolong peserta paling muda, masih duduk sebagai pelajar kelas VII di SMPN 1 Probolinggo. Mereka memperoleh tropi, piagam dan uang pembinaan. Hadiah tersebut akan diserahkan Kapolres saat puncak acara HUT Bhayangkara ke-2, Rabu (11/7) mendatang.