Senin, 23 Juli 2018

Sambut Hari Anak Nasional, Kapolres Perkenalkan Alutsista Polri Kepada Pelajar SD Dan SLTP

Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum punya cara tersendiri untuk memeriahkan momentum Hari Anak Nasional (HAN), yang jatuh tanggal 23 Juli untuk bisa lebih dekat dengan anak-anak, salah satunya dengan memperkenalkan alutsista melalui sebuah acara khusus untuk mengenalkan senjata dan peralatan tersebut, di halaman Mapolres Probolinggo Kota. Acara yang
 
Puluhan siswa dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukabumi 2 dan SMP Negeri 1 Kota Probolinggo beserta orang tua siswa yang mendampinginya mengunjungi mako Polresta Probolinggo untuk melihat alutsista yang dimiliki oleh Polisi serta melihat macam – macam seragam yang digunakan polisi ketika berdinas di lapangan. Sebelum melihat alutsista, mereka juga diperlihatkan penampilan tim Polisi Cilik (Pocil) dari SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo menunjukkan kebolehan sebelum tampil mengikuti lomba Pocil di Mapolda Jawa Timur.
 
Tak heran, penampilan Pocil yang menyuguhkan berbagai atraksi dihadapan Kapolres Alfian yang didampingi Kabag, Kasat dan Kapolsek di jajaran Polres Probolinggo Kota tampak tak kuasa menahan rasa kagum, tepuk tangan gemuruh mengiringi setiap gerak Pocil. Seperti kerapian, kesamaan gerak, kelicahan, formasi hingga pemahaman gerak pengaturan lalu lintas yang merupakan hasil binaan Kasatlantas AKP Alpo Gohan dan anggota.
 
Kapolresta Probolinggo mengungkapkan bahwa ini merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan segala sesuatu tentang polisi dan alutsista yang digunakan serta seragam – seragam operasional yang digunakan oleh polisi kepada para siswa yang datang. Kapolres juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu cara dari kepolisian untuk menghilangkan kesan polisi yang cenderung menakutkan di wajah anak – anak.
 
“Pagi ini kami mengundang para siswa untuk mengenal dan mencoba alutsista yang kami gunakan untuk penanganan huru – hara, para siswa juga berkesempatan untuk menaiki mobil water cannon kami. Dan syukur Alhamdulillah mereka terlihat sangat antusias dengan kegiatan di pagi hari ini. Kami sengaja ingin memperkenalkan segala sesuatu tentang polisi mulai dari seragam, alutsista yang digunakan serta berbagai macam tugas polisi dengan harapan, bisa menghilangkan stigma takut anak terhadap para anggota Polisi”, Ucap Kapolresta..
 
Sejumlah alutsista yang dipamerkan seperti perlengkatan untuk pengedalian aksi unjuk rasa di Satuan Sabhara, diantaranya Water Canon Barier, senjata gas  air mata, anjing pelacak  K9, pakaian rompi dan helm anti peluru serta peragaan bongkar pasang senjata dari anggota Polwan.
 
Kapolres Alfian berharap, semoga kegiatan momentum Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2018 ini dapat memberikan inspirasi dan menambah wawasan para siswa-siswi sekalian, sebagai generasi penerus bangsa.
 
"Polisi bukan untuk ditakuti, karena Polisi sahabat, pengayom dan pelindung rakyat. Ini sesuai momentum HAN 2018 dengan Anak 'Genius' yang dimaksud adalah anak yang Gesit-Empati-Berani-Unggul-Sehat. Ya, tema peringatan Hari Anak Nasional 2018 yang diusung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia adalah 'Anak Indonesia, Anak GENIUS'," ungkapnya.

Di Akhir kegiatan Kapolresta juga memberikan kuis berhadiah helm kepada para siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Kapolresta langsung