Sabtu, 11 Agustus 2018

Ajak 3 Pilar, Bhabinkamtibmas Bina ODGJ Di Desa Binaannya


Jajaran Polsek Sumberasih selalu berupaya memberikan pelayanan “Quick Win” dalam rangka melaksanakan pelayanan terhadap warga masyarakat. Salah satunya, dalam hal penerimaan laporan kejadian. Berawal dari kekhawatiran pihak keluarga sendiri dan warga sekitar tentang perilaku orang dengan gangguan jiwa Sdr. AG (inisial) yang sering berjalan-jalan dilingkungan desa nya dengan membawa sebilah sabit kemudian dilaporkan ke Bhabinkamtibmas desa Pesisir Bripka Eko, segera ditindak lanjuti dengan pemeriksaan medis oleh dokter serta perawat dari Puskesmas Sumberasih.

"Betul mas, ini tim terpadu, Bhabinkamtibmas, Dokter serta perawat dari Puskemas Sumberasih, perangkat desa Serta Bhabinsa terlibat. Bukan berlebihan ya, karena permasalahan seperti ini tidak cukup medis saja untukk menangani. Seperti kami ini, baik Bhabinkamtibmas, perangkat desa serta Babinsa, karena kami dekat dengan keluarga serta pasien yang mengidap gangguan jiwa ini, diharapkan bisa memberi pengertian kepada keluarga sehingga pihak medis tidak terlalu lama untuk melakukan pendekatan serta penjelasan medisnya. Begitu juga dari pihak medis merasa terbantu atas terlibatnya semua unsur ini. Ya semoga saja nanti ada hasil baik dari upaya ini”, Dijelaskan Bripka Eko kepada wartawan Tribrata news.

Dari pihak keluarga pun menceritakan bila AG ini pada bulan Juni 2018 kemarin ini pernah menaiki sepeda motor hingga ke daerah Nguling Kabupaten Pasuruan, yang kemudian diamankan warga dan diserahkan ke Polsek Setempat. Karena gerak-geriknya mencurigakan serta membawa sebilah sabit, menyebabkan dia diamankan warga dan diserahkan polisi. Pihak keluarga juga berharap dengan upaya pengobatan membawa hasil baik bagi AG.

Diterangkan dr. Anindhita yang melakukan pengobatan di rumah pasien ODGJ tersebut, "Jadi Sdr. AG ini mengidap skizofrenia yang mengakibatkan pasien mengalami gangguan jiwa. Kami berikan obat melalui injek maupun oral. Kunjungan seperti ini akan kami lakukan sebulan sekali atau ketika ada pengaduan pihak keluarga bila pasien kejang atau keluar air liur. Kami berterimakasih pada keluarga yang kooperatif sehingga memudahkan pengobatan. Juga pada Bhabinkamtibmas, Babinsa pak Abdullah, yang ternyata menurut keluarga bila ada pak Eko ini AG nurut. Ya syukur kali ini berjalan lancar dan semoga ada perkembangan baik untuk Sdr. AG ini", pungkas dokter lajang dari Puskesmas Sumberasih ini.

Setiap persoalan selalu ada jalan keluar, bekerja bersama-sama adalah salah satu solusi menuju keberhasilan sebuah sistem. Semoga pelayanan pemerintah yang sedemikian kompaknya, membawa dampak positif bagi masyarakat.