Selasa, 07 Agustus 2018

Bagikan Anemometer, Kapolres Berharap Nelayan Bisa Antisipasi Cuaca dan Angin Saat Melaut


Dalam rangka menjaga dan meningkatkan silaturahmi  dengan para nelayan, senin siang, (06/08/18) Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum melaksanakan kegiatan cangkrukan bersama dengan para nelayan yang ada di pelabuhan. Bertempat di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, kegiatan ini diikuti oleh Kepala KSOP kelas IV Prob, Ir. Eko Winarno, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh  Indonesia (HNSI) Kota Prob Sdr. Hambali, Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Djumadi, SH, Kapolsek Mayangan Kompol Wiwoho, Sekretaris HNSI Sdr. Zaini serta nelayan Cantrang Kota Prob -+ 50 orang.

Dalam kesempatan ini Kapolresta menyampaikan bahwa sekarang di Kota Probolinggo sedang mengalami musim angin yang buruk untuk melaut. Kapolres juga mengungkapkan angin yang sangat besar ini bisa membahayakan keselematan para nelayan yang memaksakan diri untuk melakukan aktifitas melaut. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini Kapolres juga memberikan alat pengukur kecepatan angin yaitu anemometer yang bisa memberikan gambaran kepada para nelayan tentang bagaimana kondisi kecepatan angin apakah berbahaya atau tidak disaat sebelum berangkat untuk melaut.

“Dengan adanya anemometer ini kami berharap bisa sedikit memberikan manfaat bagi para nelayan yang ada di Kota Probolinggo ini. Sebelum berangkat melaut hendaknya memantau dulu berapa kecepatan angin agar bisa mengantisipasi dan berjaga – jaga agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan pada saat melaut”, Ucap Kapolres.

Kapolres juga menghimbau kepada para nelayan agar jangan sampai menggunakan alat peledak bondet sebagai bahan untuk mencari ikan di laut. Kapolres mengatakan,  bondet merupakan bahan peledak dan dilarang penggunaan nya dalam kegiatan melaut.

“Jangan menggunakan bondet untuk menangkap ikan ya para bapak – bapak. Bondet sangatlah berbahaya dan dapat menciderai bapak – bapak nelayan sekalian apabila sampai jatuh dan meledak”, Ucap Kapolres.

Ketua HNSI Kota Probolinggo, H. Hambali mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada kapolres dan jajarannya yang sudah mau melakukan silaturahmi dan cangkrukan bersama dengan para nelayan yang ada di Kota Probolinggo. H. Hambali juga mengatakan bahwa pasca pelaksanaan pilkada, para nelayan yang ada di Kota Probolinggo sudah mengesampingkan perbedaan pandangan politik yang sempat terjadi selama masa pilkada. Saat ini, para nelayan sudah kembali seperti awal yaitu saling bekerja sama  untuk bagaimana caranya bisa mendapatkan tangkapan ikan yang melimpah.

“Terima kasih kepada bapak kapolres atas kegiatan ini. Semoga tali silaturahmi ini bisa tetap terjalin kedepannya,” Ucap H. Hambali

Kegiatan silaturahmi dan cangkruk an bersama ini diakhiri dengan kegiatan makan siang bersama antara kapolres dengan rombongan bersama dengan para nelayan yang mengikuti kegiatan ini.