Selasa, 07 Agustus 2018

Cegah Kenakalan Remaja, Bhabinkamtibmas Berikan Materi Kepada Para Siswa SMPN 2 Sumberasih


Memenuhi surat permintaan Kepala Sekolah SMPN 2 Sumberasih Drs. Suyono., M.Si untuk memberikan penyuluhan kepada siswa baru, Kapolsek Sumberasih AKP WAHYUDI., SH memerintahkan seorang Bhabinkamtibmas nya yaitu Brigpol Frigga Ryan., SH untuk memberikan penyuluhan kepada murid-murid baru. Peralihan dari sekolah dasar dan menginjak sekolah lanjutan pertama, memang diperlukan pengenalan lingkungan sekolah dimana kegiatan tersebut menjadi ruang lingkup pihak sekolah, akan tetapi bidang lain yang perlu juga mendapat perhatian adalah meningkat dan meluasnya pergaulan siswa baru tersebut, sehingga diharapkan dari kegiatan penyuluhan oleh kepolisian ini bisa menambah pengetahuan serta bisa mencegah siswa baru dari pengaruh kenakalan remaja.

Kegiatan penyuluhan yang bertempat di ruang kelas tersebut didahului dengan sambutan kepala SMPN 2 Sumberasih Drs. Suyono., M. Si. “Bersyukur sekali pada pagi ini, kita sekalian masih dikaruniai sehat oleh Allah SWT, perlu anak-anak ketahui bahwa pada pagi ini kita sekalian telah kedatangan bapak polisi dari Polsek Sumberasih yang akan memberikan penyuluhan pada kalian semua. Mari kita dengarkan dengan sungguh-sungguh supaya kita sekalian bisa mengambil manfaat ilmu dari kegiatan ini. Mari dipersilakan bapak Ryan untuk memberikan materi penyuluhan”. Ucap Drs. Suyono.

Dimulai dari salam dan perkenalan dengan para siswa, Brigpol Ryan yan sehari-hari selaku Bhabinkamtibmas ini mengajak siswa untuk relaks beberapa saat untuk mencairkan suasana. Karena tampak wajah tegang dari murid melihat kehadiran polisi. Sebuah "ice breaking" diperagakan oleh Brigpol Ryan, nyanyian serta joget kingkong dan bebek. Sontak ruangan yang sebelumnya hening  tiba-tiba riuh oleh tawa siswa melihat gerakan yang dicontohkan Brigpol Ryan. Bertambah ramai tawa lagi ketika semua siswa meniru lagu dan joget yang dicontohkan Brigpol Ryan.

Berlangsung 3 menit, acara dilanjutkan dengan materi. "Adik-adik sekalian tidak perlu tegang, mari diikuti kegiatan ini dengan serius tapi tetap dengan perasaan relaks. Selamat ya, saat ini adik-adik sudah naik jenjang dari sekolah dasar ke Sekolah Menengah Pertama, dan itu artinya harus ada perubahan perilaku yang lebih dewasa. Makin luasnya pergaulan kalian, tentu saja jangan dijadikan kesempatan untuk mencoba-coba perbuatan terlarang baik agama maupun undang-undang, misalnya penyalah gunaan narkoba maupun minuman keras. Salurkan bakat kalian untuk hal-hal baik demi menunjang prestasi kalian”. Dituturkan Brigpol Ryan kepada para siswa.

Bukan hanya satu arah, tampak pula secara aktif siswa bertanya kepada nara sumber tentang disiplin apa yang mulai saat ini harus dilaksanakan oleh siswa bila mereka bercita-cita jadi TNI maupun Polri.

"Sebagai siswa, belajar adalah hal utama yang wajib dilakukan, jaga kesehatan baik jasmani maupun rohani, taat peraturan baik agama maupun hukum, jauhkan diri dari pergaulan bebas tanpa batas, jauhi penyalahgunaan narkoba". Disampaikan Brigpol Ryan atas permintaan saran dari siswa.

"Kami ucapkan banyak terimakasih kepada kepolisian khususnya polsek Sumberasih atas kerjasamanya memberikan penyuluhan, ini sangat bermanfaat bagi kami terutama bagi siswa baru dan semoga kerjasama ini akan tetap berlanjut. Pungkas Drs. Suyono ., M.Si menutup kegiatan