Sabtu, 04 Agustus 2018

Jelang Hari Kemerdekaan, Belasan Siswa Terpilih Digembleng Untuk Menjadi Pengibar Bendera


Menjelang pelaksanaan upacara Peringatan Hari besar Nasional yaitu Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 pada 17 Agustus 2018, segala bentuk upaya kegiatan mengenai perayaan tersebut satu persatu telah dipersiapkan oleh Muspika Kecamatan Tongas. Salah satunya adalah mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih untuk upacara peringatan hari Proklamasi tersebut. Bertempat di lapangan Bayeman Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, puluhan siswa yang sudah lulus seleksi terlihat begitu semangat dalam melaksanakan kegiatan pelatihan.

Bripka Suyitno Anggota Polsek Tongas yang bertindak sebagai pelatih paskib Tongas mengungkapkan  bahwa siswa yang berkumpul di lapangan hari ini merupakan siswa yang sudah terpilih dari seleksi yang dilaksanakan di SMAN 1 Tongas. Dia juga mengatakan, bersama dengan anggota Koramil dan Satpol PP, selama beberapa hari ke depan, akan bekerja sama bagaimana caranya agar para siswa yang telah terpilih ini bisa melakukan tugas paskibraka dengan maksimal dan tidak melakukan kesalahan pada hari “H”.

Dilain pihak, para siswa berasal dari SMAN 1 Tongas juga merasa bersyukur kali ini diberi kelercayaan dan kesempatan oleh pelatih untuk turut berpartisipasi menjadi pasukan pengibar bendera. Kesempatan yang baik ini akan dipergunakan semaksimalnya. Menurutnya kesempatan seperti ini sangat terbatas dan tidak asal siswa dipilih. Selain itu, pengalaman menjadi pasukan pengibar bendera adalah sebuah kebanggaan, menambah disiplin, juga bisa untuk persiapan bila nanti ingin menjadi Polisi. Karena telah tertanam disiplin tersebut, ada bekal yang telah didapat untuk menunjang cita-cita.

Cuaca panas dan berangin ternyata juga tidak menjadi penghalang bagi para siswa untuk serius berlatih agar mereka bisa siap secara fisik dan mental. Mereka terlihat serius dan semangat berlatih. Kegiatan yang berakhir jam 10.30 Wib ini ditutup pesan-pesan dari pelatih, "bahwa latihan bukan hanya saat jam latihan ini saja. Kalian di rumah bisa berlatih sendiri sehingga mempermudah gerakan-gerakan tambahan berikutnya". Jelasnya.