Rabu, 22 Agustus 2018

Kapolres Bersama Anggota dan Warga Laksanakan Sholat Idul Adha di Mapolres


Nuansa hari raya Idul Adha dirayakan dengan penuh suka cita oleh jajaran Polresta Probolinggo, hal itu terlihat ketika jama’ah shalat yang melaksanakan shalat Ied di halaman Mapolresta Probolinggo terlihat ramai dan khusyuk. Kegiatan yang pada tahun ini mengambil tema “Idul Adha menanamkan nilai – nilai keikhlasan dalam mengabdi sebagai insan Bhayangkara yang bertaqwa kepada Allah Swt”  dipimpin langsung oleh Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum dihadiri oleh para PJU Polresta, Anggota jajaran Polresta serta warga masyarakat sekitar mapolresta. Bertindak sebagai Imam dan Khotib dalam kegiatan ini yaitu Drs. H. Abdurrohim.
 
Dalam ceramahnya, Drs. H. Abdurrohim menjelaskan Berbicara tentangg Idul Adha tidak prnah lepas dar isejarah Nabi Ibrahim, bnyak pelajaran yg bisa dipetik dari keteladanan Nabi Ibrahim salah satu contohnya adalah Nabi Ibrahim adalah pribadi yang sangat dekat kepada Allah Swt, senantiasa berkorban harta benda kepada Allah walaupun pada dasarnya beliau dilahirkan dari keluarga non muslim. Drs. Abdurrohim juga mengatakan seiring dengan momen proklamasi ini mari bersama - sama meneladani Nabi Ibrahim, dan mari wujudkan kecintaan kepada Allah SWT dengan cara menjaga keutuhan NKRI ini, karena dengan menjaga dan mempertahankan NKRI ini adalah termasuk wujud jihad kita.
 
“Tumbuhkan cinta kita kepada tanah air dengan dilandasi karena ibadah kepada Allah SWT, krn cinta tanah air termasuk cinta kita kepada agama dan Allah SWT sebagaimana yg telah diteladankan oleh Nabi Ibrahim kepada negerinya, di mana dalam do'a beliau meminta kepada Allah SWT untuk menjaga negerinya dari segala marabahaya”, Ucap Abdurrohim
 
Menurut Kapolresta Probolinggo, pelaksanaan shalat idul adha Halaman Mapolresta Probolinggo itu bertujuan untuk menciptakan harmonisasi dan kedekatan antara personil Polres Probolinggo dengan warga, karena tanpa kerjasama warga tugas Polisi tidak bisa berjalan dengan baik.
 
“Sangat mustahil tugas kita akan berjalan lancar tanpa ada kerjasama yang sinergis dengan masyarakat, dengan shalat idul adha bersama dan melibatkan masyarakat dalam penyembelihan dan pembagian daging qurban menjadi ajang silaturahmi, sehingga warga dan personil Polres Probolinggo saling kenal satu sama lain,”tuturnya
 
Setelah pelaksanaan shalat idul adha, dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan hewan qurban kepada panitia oleh Kapolres Probolinggo. Sebanyak 30 ekor kambing dan 2 ekor sapi telah diterima oleh panitia Qurban mapolresta yang selanjutnya akan disembelih dan diberikan kepada yang berhak menerima daging kurban. Kegiatan diakhiri dengan ramah – tamah di wisma kapolresta Probolinggo yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan Sholat Idul Adha.