Kamis, 23 Agustus 2018

Kapolres : Tidak Benar Polresta Buru Pengunggah Pertama Video Pawai Anak TK



Screenshot gambar Kapolres Probolinggo Kota bersama dengan seorang tersangka di salah satu portal berita online dengan headline “Polresta Probolinggo Gandeng Tim Cyber Polda Jatim Buru Pengunggah Video Pawai Anak TK Bercadar” beredar viral di sosial media.

Penggunaan foto tersebut terkesan bahwa Polres Probolinggo Kota telah melakukan penangkapan terhadap pengunggah video pawai anak TK Bercadar padahal faktanya foto tersebut diambil pada bulan Februari 2018 yang mana Kapolres sedang menginterogasi tersangka terorisme.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum menjelaskan bahwa  tidak benar bila jajaran Polresta Probolinggo mencari dan  menyelidiki pengunggah video pawai budaya siswa Taman Kanak-kanak di Kota Probolinggo yang menampilkan kostum bercadar serta mendekap replika senjata laras panjang.

Tidak benar dan kami tidak melakukan penyelidikan kaitan pengunggah video tersebut. Ini sudah clear sejak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan datang kemarin dan sudah jelas permasalahan yang sudah kami paparkan," tegasnya.

“Terkait foto yang terpampang di media tersebut, itu adalah foto lama yang tidak ada kaitannya apapun dengan kejadian Pawai anak TK. Apalagi sampai menyebut bahwa seseorang dalam foto tersebut adalah pengunggah video pertama, itu tidak benar”, tegasnya.

Seperti yang diketahui, Kegiatan pawai itu berlangsung di pada Sabtu, 18 Agustus 2018. Salah satu peserta pawai ialah TK Kartika V-69, yang menampilkan siswanya dengan kostum bercadar hitam sambil mendekap replika senjata laras panjang. Video mereka berpawai terunggah di media sosial dan menghebohkan jagat dunia maya.